post-title

Makanan Penyubur Kandungan

Saat hamil, makanan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Nutrisi seimbang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin dengan optimal🌟. Makanan apa saja yang dapat meningkatkan kesuburan ibu hamil dan yang perlu dihindari saat hamil?


Beberapa makanan yang dapat menjadi penyubur kandungan

🥑Alpukat

Alpukat adalah buah yang dapat membantu meningkatkan📈 kesuburan ibu hamil karena mengandung vitamin K, folat, dan memiliki kandungan kalium yang tinggi.

🥬Sayuran hijau 

Serat merupakan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan kesuburan. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli🥦, bayam, sawi hijau, dan kangkung.

🥛Susu dan olahannya

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, agar kesuburan meningkat disarankan untuk mengonsumsi susu dengan kandungan lemak yang tinggi. Selain itu, produk olahan susu seperti yoghurt juga dapat membantu meningkatkan kesuburan karena adanya kandungan probiotik yang dapat meningkatkan kekuatan tulang🦴, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mendukung pematangan folikel di indung telur. 

🍊Jeruk

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi jeruk untuk meningkatkan kualitas sel telur serta kesuburan karena adanya kandungan vitamin c, kalsium, folat, antioksidan, dan kalium. 

🥜Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung magnesium yang dapat membantu meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan aliran darah ke rahim dan meningkatkan produksi hormon progesteron. Selain itu, kacang kenari juga kaya akan omega-3 dan serat🍒 yang bermanfaat bagi ibu hamil. 

🥚Telur

Kandungan asam amino yang tinggi dalam telur dapat meningkatkan kesuburan ibu hamil. Asam amino juga sering kali digunakan sebagai tambahan dalam suplemen💊 kesuburan yang berperan untuk meningkatkan aliran darah ke rahim dan ovarium.

🐟Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang sangat bermanfaat karena mengandung banyak nutrisi yaitu omega-3, asam amino, dan juga sumber protein. Selain itu, ikan salmon dapat menaikkan berat badan janin serta membantu perkembangan otak🧠 janin.


Makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil 

🧃Makanan dan minuman kemasan

Ibu hamil disarankan untuk mengurangi koinsumsi makanan dan minuman kemasan karena mengandung beberapa bahan kimia🧪 yang dapat menganggu kesuburan dan menurunkan kualitas sel telur. 

🐠Ikan yang mengandung tinggi merkuri

Berdasarkan penelitian, tingginya kadar merkuri dalam darah dapat mengurangi kesuburan baik pada wanita maupun pria. Beberapa jenis ikan🎣yang memiliki kandungan merkuri tinggi antara lain ikan tuna mata besar, ikan todak, ikan marlin, dan ikan king mackerel.

🥤Minuman soda

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Epidemiology, disebutkan bahwa minum soda dapat mengurangi tingkat kesuburan dan mengurangi kemungkinan untuk hamil.

🍷Minuman mengandung alkohol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada 430 pasangan yang memiliki gangguan kesuburan akibat mengonsumsi lima gelas🥃 minuman beralkohol per minggu.

🥩Makanan yang mengandung lemak trans

Beberapa makanan yang mengandung lemak trans yaitu seperti makanan cepat saji🥡 dan minyak sayur yang sering digunakan dalam proses penggorengan. Hal ini dapat meningkatkan terjadinya gangguan ovulasi dan masalah kesuburan.