post-title

Si Kecil Sering Radang Tenggorokan... Kenapa ya?

Menjaga kesehatan anak adalah salah satu prioritas utama☝️ orang tua. Tidak jarang orang tua menemukan situasi dimana anaknya sering mengalami sakit tenggorokan. Namun, hal ini bukanlah suatu penyakit yang perlu dikhawatirkan. Oleh karena itu, mari pelajari lebih lanjut apa saja penyebab radang tenggorokan dan cara mengatasinya. 


Beberapa penyebab radang tenggorakan 

🦠Bakteri

Salah satu penyebab umum radang tenggorokan pada anak-anak adalah adanya bakteri Streptococcus pyogenes yang menyebabkan strep throat😷. 

📌Memiliki Alergi

Alergi juga merupakan faktor pemicu sakit tenggorokan pada anak-anak. Reaksi alergi terhadap debu dan bulu hewan🐩  dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada tenggorokan anak.

🍟Mengonsumsi makanan tertentu

Beberapa makanan tertentu juga menjaadi salah satu penyebab sakit tenggorokan. Mengonsumsi makanan seperti gorengan atau makanan yang sangat pedas🌶️ memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami sakit tenggorokan.

✨Penyakit Influenza

Influenza adalah suatu kondisi penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan pada anak-anak👦🏻.

🍃Kondisi lingkungan yang kotor

Anak-anak yang terpapar oleh lingkungan yang kotor, seperti polusi udara💨, asap rokok, atau bahan kimia, dapat mengalami iritasi pada tenggorokan.

🌬Keadaan udara yang kering

Penyebab lain radang tenggorokan adalah kondisi udara yang terlalu kering. Hal ini menyebabkan tenggorokan menjadi terasa kering dan gatal dan membuat tenggorokan menjadi sakit⚡️. 


Cara mengatasi dan mencegah 

💊Minum Antibiotik 

Radang tenggorokan perlu diobati dengan antibiotik hingga benar-benar sembuh. Pada umumnya, antibiotik dikonsumsi selama sekitar 10 hari tergantung pada kondisi anak. Namun, sangat disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter👨🏻‍⚕️ dan mengikuti saran pengobatan yang diberikan. 

💧Minum air putih

Minum air putih saat bangun tidur di pagi hari⛅️ dapat membantu memantau tingkat keparahan sakit tenggorokan pada anak. Jika rasa sakit tenggorokan tidak kunjung mereda meskipun sudah minum air, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

🧼Membiasakan hidup bersih 

Sakit tenggorokan dapat dicegah dengan cara mendorong anak untuk menjalani gaya hidup yang bersih, seperti mencuci tangan dengan benar sebelum dan setelah makan, setelah bermain, dan setelah menggunakan toilet🚽, dapat membantu mencegah infeksi pada anak.