post-title

Berbahayakah jika Mulut Anak Berbusa Ketika Tidur?

Ketika melihat mulut anak berbusa🫧 saat tidur, muncul kekhawatiran sebagai orang tua adalah hal yang wajar. Namun, untuk mengurangi rasa khawatir tersebut, penting untuk memahami apa sebenarnya penyebab serta cara mengatasi mulut berbusa pada anak saat tidur.


Penyebab mulut anak berbusa ketika tidur 

🍼Mengonsumsi susu berlebihan

Bayi yang mengonsumsi susu secara berlebihan dapat menghasilkan busa🫧 yang keluar dari mulut untuk mengeluarkan kelebihan susu. 

⚡️Gangguan kelenjar air liur

Ketidaknormalan dalam fungsi kelenjar air liur dapat memengaruhi kemungkinan anak mengeluarkan busa saat tidur. Gangguan ini bisa terjadi akibat kurangnya perawatan gigi🦷 dan mulut yang baik.

💦Adanya cairan amniotik

Bayi yang baru lahir terkadang akan mengeluarkan cairan melalui mulut karena masih adanya sisa cairan amniotik yang tersisa di dalam perutnya.

👃Mengalami gangguan pernapasan saat tidur

Sleep Apnea adalah gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur, di mana terjadi penyempitan pada dinding tenggorokan yang menghambat aliran udara🌬. Akibatnya, anak dapat mengalami keluarnya busa dari mulutnya.

📌Produksi lendir saluran pernapasan yang berlebihan

Ketika anak mengalami pilek🤧  atau batuk, produksi lendir yang meningkat di saluran pernapasan dapat menyebabkan terbentuknya busa dalam air liur yang keluar dari mulut.

🦠Mengalami infeksi

Anak yang mengeluarkan busa saat tidur💤 dapat menunjukkan bahwa mereka mungkin mengalami penyakit infeksi seperti bronkitis atau pneumonia.

✔️Refluks asam 

Refluks asam terjadi ketika bayi mengeluarkan kembali susu🍼 yang berlebihan karena sistem pencernaan yang belum matang sepenuhnya. Susu yang dikeluarkan ini dapat terlihat dalam bentuk busa di mulut.


Bagaimana cara mengatasinya?

🥛Memberikan susu dengan jumlah yang tidak berlebih dan perlahan

Ibu dapat memperkirakan jumlah ASI yang diberikan kepada bayi dengan memperhatikan durasi⌛️ menyusui. Disarankan untuk menyusui maksimal 20 menit pada setiap payudara. Jika bayi masih belum kenyang setelah waktu tersebut, proses menyusui dapat dilanjutkan secara perlahan setelah 15 menit.

👄Menjaga kesehatan mulut 

Orang tua sebaiknya memastikan anak mereka menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan baik, termasuk rutin menggosok gigi🪥dua kali sehari. Langkah ini dapat membantu mengurangi gangguan pada kelenjar air liur dan mengurangi kemungkinan mulut anak berbusa saat tidur.

👨🏻‍⚕️Berkonsultasi dengan dokter

Disarankan bagi orang tua untuk berkonsultasi dengan dokter jika mereka khawatir mengenai penyebab mulut berbusa pada anak. Dengan berkonsultasi kepada dokter, orang tua dapat memperoleh informasi📃 yang lebih jelas mengenai penyebabnya dan memungkinkan dokter untuk memberikan pengobatan atau penanganan yang tepat terhadap gangguan tersebut.