post-title

Kolesterol Tinggi Membuat Sulit Hamil?

Kehamilan merupakan momen berharga bagi banyak pasangan yang berencana untuk membentuk keluarga🏠. Namun, ada beberapa faktor kesehatan yang dapat memengaruhi proses kehamilan, salah satunya adalah kadar kolesterol tinggi. Berikut ini penjelasan tentang hubungan kolesterol dengan kesuburan serta beberapa cara untuk menurunkan kadar kolestrol. 


Informasi seputar kolesterol 

❓Hubungan antara kolesterol dengan kesuburan

Kolesterol yang tinggi memiliki dampak pada kedua jenis kelamin, baik perempuan maupun laki-laki. Pada perempuan, tingginya kadar kolesterol dapat berdampak secara tidak langsung pada kesuburan. Sementara pada laki-laki👨🏻, tingginya kadar kolesterol dapat memengaruhi kualitas sperma menjadi menurun.

🙋🏻‍♀️Apakah benar kolesterol tinggi jadi sulit hamil?

Jika kedua pasangan memiliki kadar kolesterol yang tinggi, hal ini dapat memengaruhi proses kehamilan. Tingkat kesuburan yang terganggu pada perempuan dan penurunan kualitas sperma pada laki-laki dapat membuat proses pembuahan menjadi lebih sulit sehingga memperpanjang waktu⏰ yang diperlukan untuk terjadinya kehamilan.


Tanda-tanda mengalami kolesterol tinggi 

⚡️Nyeri pada dada

Nyeri pada dada menjadi salah satu gejala kolesterol tinggi karena adanya penumpukan lemak pada pembuluh darah arteri yang membuat aliran darah menjadi terganggu. Hal ini dapat juga meningkatkan risiko mengalami serangan jantung🫀. 

😮‍💨Cepat lelah

Tanda lain jika seseorang mengalami kolesterol tinggi adalah tubuh menjadi merasa cepat lelah. Hal ini terjadi karena tingginya kadar kolesterol dapat mengganggu aliran darah dan oksigen🌬 dalam tubuh.

🦵🏻Kesemutan di tangan dan kaki

Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan adanya penyempitan pembuluh darah arteri yang berperan mengirim darah ke daerah kaki🦶. Hal ini mengakibatkan aliran darah menuju jaringan tubuh menjadi terhambat. Kurangnya aliran darah ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kesemutan.


Tips menurunkan kadar kolesterol

🏊🏻‍♀️Rutin berolahraga

Olahraga🚴 merupakan salah satu kegiatan yang efektif untuk mengurangi kadar kolesterol. Melalui olahraga yang rutin, kadar kolesterol baik (HDL) dapat meningkat, sementara kadar kolesterol jahat (LDL) dapat menurun.

🍱Mengonsumsi makanan tinggi akan kandungan omega-3

Makanan yang mengandung banyak omega-3, seperti kacang kenari, ikan salmon🐟, dan chia seedl, memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

🧁Meminimalisir makanan mengandung gula

Mengurangi konsumsi makanan tinggi gula🧋 dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

🍒Mengonsumsi buah-buahan, sayur, dan makanan rendah lemak

Dengan meningkatkan asupan buah dan sayur serta mengonsumsi makanan rendah lemak seperti ayam🍗, ikan, tahu, dan tempe, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.