post-title

Bumil Sakit Maag?

Maag merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini dapat membuat ibu hamil tidak nyaman selama kehamilan🤰. Namun, hal ini dapat diatasi dengan cukup mudah. Yuk simak lebih lanjut mengenai penyebab sakit maag dan cara mengatasi maag untuk ibu hamil. 


Apa saja penyebab ibu hamil mengalami maag?

🎈Membesarnya rahim

Pertumbuhan janin yang terus berkembang dalam rahim🤰 menyebabkan tekanan pada perut. Akibatnya, lambung dapat tertekan dan menyebabkan kondisi maag.

✨Hormon yang mengalami perubahan

Hormon progesteron berperan dalam pembentukan lapisan dinding rahim. Hormon ini dapat meningkatkan produksi asam lambung yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami masalah pada perut, yaitu sakit maag⚡️.


Tips mengatasi maag bagi ibu hamil 

🍚Menerapkan pola makan yang baik

Disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil🥣 daripada makan dalam porsi besar sekaligus. Selain itu, ibu hamil juga dianjurkan untuk menunggu sekitar 2 atau 3 jam setelah makan sebelum tidur.

🛏Posisi tidur yang tepat

Posisi tidur💤 juga bisa menjadi faktor pemicu munculnya masalah maag. Tidur dengan posisi terlentang dapat mempermudah asam lambung untuk naik ke kerongkongan.

🙅🏻‍♀️Menghindari penggunaan pakaian sempit

Memakai pakaian yang ketat dapat menjadi pemicu munculnya masalah maag pada ibu hamil. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu hamil untuk memilih pakaian👚 yang nyaman dan memungkinkan untuk bergerak dengan leluasa. Jika memakai ikat pinggang, sebaiknya tidak terlalu kencang untuk menghindari potensi terjadinya masalah pada lambung.

🚬Hindari asap rokok

Rokok tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan janin, tetapi juga dapat menjadi penyebab sakit maag. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk tidak merokok dan menjauhi paparan asap💨 rokok.

🌿Minum teh herbal

Kombinasi teh herbal dari jahe dan chamomile dapat menjadi minuman🍵 yang berkhasiat dalam mengurangi gejala mual seperti kembung, mual, dan mulas.

⚠️Menghindari makanan pemicu sakit maag

Untuk mencegah terjadinya sakit maag, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan pedas🌶️. Jenis makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan memicu timbulnya masalah maag. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi cokelat🍫, buah yang asam, bawang-bawangan, kopi, dan minuman bersoda karena dapat memperburuk kondisi maag.