post-title

Kerak di Kulit Kepala Bayi

Adanya kerak pada kulit kepala bayi adalah hal yang umum terjadi. Orang tua tidak perlu merasa cemas karena kondisi ini dapat diatasi dengan mudah. Berikut adalah penjelasan mengenai kerak pada kepala bayi dan beberapa tips untuk membersihkannya😉!


Fakta seputar kerak di kepala bayi

⌛️Kapan kerak muncul di kelapa bayi?

Kerak atau cradle cap biasanya muncul pada bayi yang berumur antara 2 sampai 6 minggu. Setelah masa itu, kerak dapat menghilang, namun kemudian bisa kembali muncul ketika bayi👶🏻 mencapai usia 1 tahun atau lebih.

🤷🏻Mengapa kerak ini dapat muncul?

Alasan kemunculan kerak ini masih belum dapat dipastikan. Namun, diduga bahwa adanya faktor hormonal dari ibu yang dapat meningkatkan kelenjar minyak di kulit kepala bayi yang menyebabkan munculnya kerak. Selain itu, kerak ini juga bisa disebabkan oleh keberadaan bakteri atau jamur🍄.

📝Apa saja tanda-tanda kerak kepala? 

Tanda umum munculnya👀 kerak pada kepala bayi adalah kulit kepala yang kering, bersisik, dan menyerupai ketombe. Istilah ini disebut dengan dermatitis seboroik. 


Tips menghilangkan kerak di kepala bayi 

🧴Memakai sampo khusus bayi

Penggunaan sampo khusus bayi dapat menjadi salah satu tips untuk menghilangkan kerak kepala bayi. Sampo ini dapat dioleskan pada kulit kepala bayi, kemudian kerak dapat dibersihkan dengan menggunakan sisir kecil yang lembut. Jika masih belum dapat hilang, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter🧑🏻‍⚕️ untuk mendapatkan saran dan obat yang sesuai dengan kondisi kulit kepala bayi.

💆🏻‍♀️Membersihkan kulit kepala secara perlahan

Orang tua👨‍👩‍👧 disarankan untuk membersihkan kulit kepala bayi dengan lembut untuk mencegah terjadinya luka. Sebagai tambahan, orang tua dapat memberikan baby oil atau petroleum jelly ke kepala bayi sebelum membersihkannya. 

📌Perhatikan kerak di kepala bayi

Amati🔍 terlebih dahulu kerak di kepala bayi. Jika kerak kulit tebal, disarankan untuk tidak menggosok terlalu kencang dan terlalu sering. Hal ini dapat membuat kulit kepala menjadi kering dan adanya peradangan. 


Beberapa hal yang sebaiknya dihindari

🙅🏻‍♀️Mengupas paksa kerak

Disarankan kepada orang tua untuk tidak memaksa mengupas kerak pada kulit kepala bayi karena hal tersebut dapat menyebabkan luka dan infeksi pada kulit kepala🤕.

🧢Pemakaian topi atau penutup kepala

Disarankan untuk tidak menggunakan topi atau penutup kepala terlalu lama pada bayi agar kulit kepala tetap kering. Jika kulit kepala lembap💦, kondisi kerak dapat memburuk.