post-title

Tangkal Gelombang Elektronik saat Hamil!

Dalam era digital yang semakin canggih ini, gelombang elektronik atau radiasi dari perangkat elektronik seperti ponsel, laptop💻, dan tablet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Bagi ibu hamil, kekhawatiran terkait potensi dampak gelombang elektronik terhadap kesehatan janin semakin meningkat.


Apa hubungan radiasi dengan kesehatan ibu hamil dan janin?

☢️Apa itu radiasi?

Radiasi merupakan bentuk energi yang bergerak dalam bentuk sinar atau partikel di udara🌬. Radiasi dapat menempel seperti halnya cairan, serbuk, atau debu. 

⚠️Bahaya radiasi bagi ibu hamil

Paparan radiasi selama kehamilan dengan jumlah kecil umumnya memiliki risiko cacat lahir yang sangat kecil. Risiko meningkat apabila ibu hamil menelan atau menghirup material radioaktif karena dapat mencapai janin melalui aliran darah atau menumpuk di sekitar rahim. Dampaknya pada janin bergantung pada jenis, jumlah, durasi paparan, dan tahap perkembangan janin👶🏻.


Bagaimana pengaruh radiasi terhadap perkembangan janin?

🌱Usia kehamilan 1-2 minggu

Pada awal kehamilan, janin memiliki tingkat ketahanan💪 yang lebih baik terhadap efek radiasi. Selain itu, terpapar radiasi dalam jumlah tertentu pada tahap ini tidak akan mengakibatkan keguguran.

🌿Usia kehamilan 3-8 minggu

Pada umur kehamilan ini, janin memasuki tahap perkembangan awal, tetapi efek yang berpotensi menyebabkan gangguan pertumbuhan, cacat lahir atau keguguran☁️ tidak begitu jelas terlihat.

🪴Usia kehamilan 8-15 minggu

Minggu ke-8 hingga 15 kehamilan merupakan periode sangat sensitif janin terhadap paparan radiasi, khususnya terhadap sistem sarafnya, tetapi risikonya hanya signifikan jika paparannya sangat tinggi. Efeknya meliputi gangguan perkembangan otak🧠, hambatan pertumbuhan, risiko kanker, risiko cacat lahir, atau bahkan keguguran. 

🌳Usia kehamilan diatas 20 minggu

Di saat masa ini, bayi sudah semakin berkembang dan memiliki tingkat ketahanan yang semakin tinggi terhadap radiasi. 


Dari mana saja ibu hamil dapat terkena radiasi?

🤳Ponsel dan Laptop

Menggunakan perangkat seperti ponsel dan laptop saat hamil dapat meningkatkan risiko paparan radiasi. Penggunaan berlebihan ini dapat berpotensi menyebabkan anak memiliki tingkat hiperaktivitas yang lebih tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi penggunaan perangkat ini dan menghindari menempatkan laptop👩🏻‍💻 terlalu dekat dengan tubuh.

🎧Headset jenis Bluetooth

Banyak orang merasa paling nyaman menggunakan Headset jenis Bluetooth. Tetapi frekuensi radio🔊 yang digunakan memiliki risiko yang setara dengan gelombang mikro. Konon, headset ini dapat mengalirkan radiasi langsung ke otak melalui telinga pengguna.

♨️Microwave

Ibu hamil juga dapat terpapar radiasi melalui penggunaan microwave, yang menggunakan radiasi elektromagnetik. Oleh karena itu, disarankan kepada ibu hamil untuk menghindari menghangatkan atau memasak makanan🍲 menggunakan microwave selama masa kehamilan.