post-title

Tips Gosok Gigi Anti Mual bagi Bumil!

Saat menghadapi kehamilan, ibu hamil seringkali mengalami berbagai gejala, termasuk yang mungkin tidak begitu menyenangkan seperti rasa mual🤢. Salah satu momen yang seringkali memicu mual adalah saat menyikat gigi. Apa saja tips untuk ibu hamil agar tidak merasa mual saat menggosok gigi? 


Menyikat gigi saat hamil membuat mual?

🙋🏻‍♀️Mengapa ibu hamil sering mual saat sikat gigi?

Mual saat hamil disebabkan oleh lonjakan hormon dan perubahan kadar gula darah. Terdapat juga kondisi langka yaitu hyperemesis gravidarum, yang dapat menyebabkan mual parah selama trimester pertama. Selama kehamilan, hipersensitivitas bisa menyebabkan refleks muntah alami, sehingga aktivitas seperti menggosok gigi dan memakai benang gigi bisa menyebabkan rasa mual dan muntah🤮.

❓Apakah hal tersebut berbahaya?

Walaupun mual saat menyikat gigi bisa menjadi hal yang sulit bagi ibu hamil, tetapi menjaga kesehatan mulut tetap penting. Hal ini karena jika plak gigi menumpuk dalam mulut, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit radang gusi, periodontal, infeksi gusi, dan kerusakan gigi🦷. Penyakit-penyakit ini dapat berdampak pada kesehatan bayi serta proses kelahiran, termasuk kelahiran prematur, berat badan bayi yang rendah, dan bahkan risiko kematian bayi.


Tips bagi ibu hamil untuk mengatasi rasa mual saat sikat gigi!

🪥Memilih sikat gigi yang kecil dan lembut

Untuk mengatasi mual saat menyikat gigi, ibu hamil dapat menggunakan sikat gigi yang memiliki ukuran lebih kecil dan bulu yang lebih lembut, sehingga tidak akan menyebabkan gesekan yang terlalu keras⚡ di dalam mulut. Disarankan juga untuk menghindari penggunaan sikat gigi listrik karena getarannya dapat memicu mual.

🫧Kumur dengan mouthwash

Untuk menjaga kebersihan mulut dengan baik, sebaiknya setelah menyikat gigi juga melakukan kumur dengan mouthwash. Hal ini akan membantu membunuh bakteri🦠 di dalam mulut dan memberikan rasa segar, yang dapat mengurangi rasa mual.

✔️Menggosok gigi secara perlahan

Menggosok gigi dengan gerakan yang terlalu cepat bisa memperparah rasa mual pada ibu hamil. Oleh karena itu, disarankan untuk menyikat gigi dengan gerakan perlahan dan tanpa terburu-buru sebagai upaya untuk mengurangi gejala mual.

⏰Mengubah waktu saat menyikat gigi

Seringkali, ibu hamil mengalami gejala morning sickness, termasuk rasa mual di pagi hari☀️. Disarankan untuk menyikat gigi sekitar satu jam sesudah makan pagi atau sebelum waktu makan siang untuk menghindari rasa mual.