post-title

Tips Memilih Susu Formula untuk Bayi!

Pemilihan susu formula yang tepat untuk bayi adalah keputusan penting bagi para orangtua. Kualitas nutrisi yang diberikan kepada bayi selama pertumbuhannya memiliki dampak jangka panjang pada kesehatan dan perkembangan anak. Berikut ini beberapa tips bagi orang tua👩🏻‍🍼 untuk memilih susu formula bagi bayinya. 


Bagaimana cara memperkenalkan bayi dengan susu formula?

🍼Pemberian susu dengan dot

Menggunakan dot dengan tekstur empuk yang menyerupai puting payudara dapat meningkatkan minat bayi untuk mengonsumsi susu formula.

💡Mencampurkan ASI dan susu formula

Proses pergantian dari ASI ke susu formula membutuhkan proses yang bertahap. Pada tahap awal, disarankan untuk mencampurkan🥣 ASI dengan susu formula dengan menambahkan susu formula dalam jumlah yang bertahap, sehingga anak dapat beradaptasi sedikit demi sedikit dengan susu formula.


Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih susu formula?

🥛Tipe susu formula

Penting untuk ibu hamil memilih jenis protein dalam susu formula dengan hati-hati⚠️. Beberapa produk susu formula menggunakan protein whey, casein, atau campuran keduanya. Bagi bayi dibawah 1 tahun, disarankan memilih susu formula dengan protein whey karena lebih mudah dicerna. Jika ibu memilih susu formula yang menggabungkan kedua jenis protein, pastikan bahwa kandungan protein whey lebih tinggi daripada casein, biasanya dalam rasio 60:40 yang mirip dengan komposisi ASI. 

👶🏻Ketahuilah kondisi bayi

Jika bayi memiliki kondisi khusus seperti berat badan rendah atau prematur, diperlukan pemilihan susu formula yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan dokter👩🏻‍⚕️ mengenai pilihan susu formula yang cocok dengan kondisi bayi karena dapat memengaruhi kesehatan bayi. 

🐄Potensi untuk alergi susu sapi  

Bayi memiliki risiko alergi terhadap susu sapi, oleh karena itu, ibu sebaiknya memulai dengan membeli susu formula sapi dalam jumlah kecil terlebih dahulu, sambil memerhatikan👀 apakah anak mengalami reaksi alergi seperti kulit kemerahan, diare, atau muntah. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. 

📃Kandungan di dalam susu

Susu formula umumnya mengandung nutrisi utama seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Penting untuk memilih susu formula yang juga mengandung prebiotik, seperti galacto-oligosaccharides (GOS) dan fructo-oligosaccharides (FOS), karena prebiotik ini dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik🦠 dalam sistem pencernaan bayi dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi.