post-title

Sakit Pinggang & Punggung Setelah Melahirkan?

Setelah melahirkan, banyak perempuan yang menghadapi berbagai perubahan fisik dan emosional dalam tubuh mereka. Salah satu masalah umum yang sering muncul adalah rasa sakit⚡ di daerah pinggang dan punggung. Penting bagi ibu yang baru saja menjalani proses persalinan untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya agar rasa sakit tidak semakin parah. 


Mengapa ibu hamil sakit pinggang dan punggung setelah melahirkan?

💉Anestesi Epidural

Ibu yang menjalani persalinan cukup kompleks umumnya akan mendapatkan intervensi medis dari dokter, seperti anestesi epidural, yaitu sebuah suntikan yang diberikan ke dalam sumsum tulang🦴 belakang. Hal ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa ibu yang baru melahirkan mengalami nyeri punggung.

💪Otot yang masih lemah

Melakukan aktivitas lebih yang memberatkan tubuh saat otot-otot masih dalam kondisi lemah dapat memperparah rasa sakit. Hal ini bisa disebabkan oleh aktivitas seperti, posisi menyusui yang salah, kenaikan berat badan⚖️ selama kehamilan dan menyusui, atau menggendong bayi.

🏥Persalinan dengan cara caesar

Melahirkan dengan metode ini memerlukan banyak waktu untuk berbaring🛏️ selama kurang lebih 3 bulan. Hal ini dapat mengakibatkan otot-otot menjadi kaku dan tekanan pada bagian pinggang, leher, dan tulang belakang yang dapat memperburuk kondisi nyeri pasca melahirkan.


Bagaimana tips mengatasinya di rumah? 

♨️Kompres air hangat atau dingin

Kompres panas atau dingin pada area yang sakit juga dapat membantu meredakan rasa nyeri, atau mandi🛁 dengan air hangat untuk membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi rasa kaku pada otot punggung.

👟Olahraga

Salah satu olahraga ringan yang disarankan untuk ibu setelah pasca melahirkan lakukan adalah yoga🧘🏻‍♀️. Olahraga ini efektif untuk menguatkan otot dan punggung pasca melahirkan. Ibu juga dapat mengikuti kelas Yoga Postnatal yang bertujuan untuk mengurangi nyeri punggung dan membantu mengembalikan bentuk tubuh.

💆🏻‍♀️Pemijatan

Ibu dapat meminta bantuan suami👨🏻 untuk memijat area pinggang atau punggung yang terasa sakit. Hal ini dapat membantu tubuh untuk melepaskan Hormon Endorphin, yaitu hormon alami yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dan relaksan terbaik.

🌞Jemur punggung

Ibu juga disarankan untuk menjemur punggung pada saat matahari pagi🌤️ untuk membantu pembentukan vitamin D yang berperan dalam penyerapan kalsium untuk tulang.