post-title

Si Kecil Menolak Minum Susu Formulanya?

Menghadapi momen ketika si kecil menolak untuk minum susu formula bisa menjadi pengalaman yang membuat orang tua merasa khawatir dan bingung. Orang tua perlu mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan bayi menolak diberikan susu formula🥛 dan beberapa tips mengatasinya. 


Mengapa bayi tiba-tiba menolak untuk minum susu formula?

🥣Tidak lapar

Salah satu alasan mengapa bayi menolak minum susu formula adalah bayi tidak terlalu lapar sehingga belum mau untuk menyusu. 

🙅Tidak suka dengan susu dan botol

Bayi juga dapat memberikan reaksinya dengan menolak✋ minum susu formula ketika kurang suka dengan rasa serta suhu susu formula yang diberikan. Selain itu, botol dan dot yang kurang nyaman juga bisa membuat bayi tidak mau minum susu. 


Tips mengatasi bayi yang menolak minum susu formula

👶🏻Mengetahui kondisi bayi

Ketika bayi menolak untuk menyusu biasanya bayi dalam kondisi kesehatan yang kurang stabil yaitu seperti sedang sariawan, batuk, pilek ataupun ada infeksi🦠. 

🍃Menenangkan bayi

Ibu disarankan untuk menenangkan bayi ketika sedang rewel agar bayi dapat tetap stabil dan nyaman.

🔎Perhatikan suhu dan kualitas susu formula

Ibu disarankan untuk mengetahui suhu susu yang bayi sukai. Ibu bisa mencoba memberikan susu hangat♨️ dan juga susu dengan suhu ruang, kemudian menentukan selera bayinya. Selain itu kualitas, kandungan dan rasa susu juga perlu diperhatikan oleh ibu. 

🗓️Menerapkan jadwal yang tepat 

Salah satu tips agar bayi mau minum susu formula adalah memberikan susu dengan waktu yang sama di setiap harinya di waktu⏰ dimana bayi mulai merasa lapar. Dengan hal ini bayi dapat beradaptasi dan lebih mudah untuk disusui. 

👀Perhatikan posisi bayi

Ibu disarankan untuk memperhatikan posisi bayi ketika memberikan susu agar bayi tetap dalam keadaan nyaman. Ibu bisa mengubah posisi seperti dipangku hadap depan atau digendong sambil digoyang-goyangkan👩🏻‍🍼 dan berkeliling ruangan. 

🍼Botol dan kondisi dot

Bayi memiliki seleranya sendiri dalam memilih botol dan dot. Orang tua dapat memerhatikan anaknya apakah nyaman dengan botol dan dot yang diberikan. Pastikan kondisi botol dan dot sesuai dengan bayi sehingga bayi dapat nyaman ketika diberikan susu.