post-title

Rambut Rontok Pasca Melahirkan?

Rambut rontok adalah masalah yang sering kali tidak disadari oleh banyak wanita, terutama setelah menjalani proses persalinan🏥. Pasca melahirkan, seorang ibu sering kali tidak fokus pada perawatan diri dan sepenuhnya menuangkan perhatiannya untuk bayinya yang baru lahir, sehingga gejala rambut rontok bisa menjadi kejutan yang tidak diinginkan. Penyebab serta beberapa cara mengatasi kerontokan rambut ini perlu diketahui agar kesehatan rambut ibu tetap terjaga.


Rambut mengalami kerontokan setelah melahirkan?

❓Apakah hal ini wajar?

Kondisi dimana ibu mengalami kerontokan rambut yang cukup banyak setelah melahirkan merupakan kondisi yang wajar✅ dan seiring berjalannya waktu, rambut akan kembali tumbuh dengan normal. 

🙋🏻‍♀️Mengapa rambut ibu menjadi rontok? 

Ketika sedang mengandung, ada peningkatan kadar hormon estrogen yang mengakibatkan rambut ibu hamil menjadi lebih tebal👩🏻‍🦱. Namun, setelah melahirkan, tingkat hormon estrogen kembali ke kondisi normal, dan pertumbuhan rambut juga kembali ke keadaan biasanya. Akibatnya, terlihat adanya peningkatan rambut yang rontok dibandingkan dengan sebelumnya.


Bagaimana cara mengatasi kerontokan ini?

✔️Mengurangi penggunaan pelurus dan pengering rambut

Ibu disarankan untuk sementara mengurangi penggunaan pengering dan pelurus rambut karena alat-alat ini dapat meningkatkan kerusakan rambut. Jika merasa kurang nyaman dengan rambut yang basah, gunakan alat ini dengan suhu yang tidak terlalu tinggi. 

🥗Makan makanan bernutrisi

Makanan yang dikonsumsi juga dapat memengaruhi kesehatan dan pertumbuhan rambut. Pastikan untuk meningkatkan asupan protein dan vitamin dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, produk susu, dan telur🍳.

💆🏻‍♀️Merawat rambut dengan lembut

Merawat rambut dengan lembut seperti menyisir dengan perlahan dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Selain itu, hindari⚠️ menguncir rambut dan mengepang rambut di masa-masa ini karena dapat memperparah kerontokan. 

💊Minum vitamin

Mengonsumsi suplemen vitamin dapat berperan dalam memenuhi asupan nutrisi setelah melahirkan. Selain itu juga dapat meningkatkan kondisi kesehatan rambut. 

🧴Penggunaan kondisioner

Pemakaian kondisioner dapat membantu rambut menjadi lebih mudah diatur, lembut dan berkilau✨. Tetapi ada kemungkinan bahwa kondisioner dapat membuat rambut tampak tipis dan berminyak. Ketika situasi ini muncul, direkomendasikan untuk menggunakan sampo yang memberikan efek mengembang pada rambut.