post-title

Tanda Bayi Alami Night Terror saat Tidur!

Bayi kerap kali menjadi resah dan susah dihibur pada malam hari🌙. Banyak yang mengira perilaku ini merupakan respons bayi terhadap mimpi buruk, tetapi sebenarnya ada kondisi lain yang mungkin terjadi, yang disebut dengan night terror.


Bayi tiba-tiba resah dalam tidurnya

🙋Apa yang dimaksud dengan night terror?

Night terror adalah salah satu jenis gangguan tidur yang terjadi secara tidak disadari dan biasanya terjadi ketika bayi sedang dalam tahap tidur🛌🏼 yang paling dalam, yakni sekitar 2-3 jam setelah tertidur. Night terror masuk dalam klasifikasi parasomnia, yang merupakan sekelompok gangguan tidur yang melibatkan perilaku atau pengalaman fisik abnormal selama tidur.

👶🏻Pahami perilaku bayi ketika mengalami night terror

Ketika bayi mengalami night terror😨, perilaku mereka cenderung menjadi sangat sulit untuk disadarkan dan ditenangkan. Pada saat itu, bayi mungkin terlihat sangat ketakutan dan sering kali sulit untuk diberikan bantuan atau kenyamanan.

📝Beda night terror dengan nightmare

Night terror adalah respons terhadap perasaan takut yang muncul selama transisi antara satu tahap tidur ke tahap tidur berikutnya. Bayi biasanya tidak sadar akan perilakunya, berbeda dengan mimpi buruk💭 biasanya bayi dapat mengingat kejadian buruk tersebut.

🔎Kenali gejala night terror pada bayi

Bayi yang mengalami night terror biasanya akan mengalami gejala, seperti menjerit ketakutan, melakukan tindakan agresif, meronta-ronta, berkeringat, bernapas👃🏻 dengan cepat, dan kadang-kadang melakukan pukulan yang tidak disengaja kepada orang di sekitarnya, kemudian kembali tertidur setelah beberapa saat.


Faktor pemicu night terror dan cara menyikapinya

👨‍👩‍👧Apa yang sebaiknya dilakukan orang tua ketika si kecil terkena serangan night terror?

Ketika orang tua melihat bayi mengalami night terror, sebaiknya bayi tidak dibangunkan karena tindakan tersebut dapat memperburuk kondisinya. Sebagai orang tua, yang dapat dilakukan adalah melakukan pengawasan👀 terhadap bayi hingga gejala night terror mereda secara alami.

📌Penyebab bayi alami night terror

Night terror pada bayi bisa terjadi karena adanya gairah berlebih yang dihasilkan oleh sistem saraf pusat selama tidur. Selain itu, night terror juga bisa terjadi pada bayi yang tengah menghadapi kondisi tertentu seperti demam atau kelelahan, terutama ketika jadwal tidur⏲️ mereka terganggu, misalnya ketika mereka sedang melakukan perjalanan atau mengalami perubahan rutinitas tidur.