post-title

Usia Berapa Gigi Susu Anak Tumbuh?

Tiap anak akan mengalami masa pertumbuhan, termasuk tahap tumbuh gigi pertama yang sering disebut dengan gigi susu🦷. Proses ini dinamakan odontiasis dan kerap kali disertai dengan gejala yang bisa membuat anak merasa tidak nyaman dan menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua.


Mengenali gejala awal pertumbuhan gigi susu pada anak

🥄Nafsu makan anak yang berkurang 

Selama proses pertumbuhan gigi susu, anak cenderung kehilangan nafsu makan karena mereka merasakan ketidaknyamanan di sekitar mulut👄 mereka. Jika anak sama sekali tidak mau makan, orang tua perlu mengonsultasikannya ke dokter untuk menangani hal tersebut.

🌊Produksi air liur lebih banyak

Ketika gigi susu mulai tumbuh, produksi air💦 liur cenderung meningkat. Untuk mencegah timbulnya ruam merah di sekitar mulut bayi akibat kelembapan air liur yang berlebihan, penting bagi orang tua untuk menjaga kebersihan area tersebut dengan mengelapnya menggunakan tisu.

🌡️Tidak enak badan dan demam

Bayi sering kali menjadi rewel ketika gigi susu pertama mereka mulai tumbuh karena mereka merasakan ketidaknyamanan pada bagian gusi yang masih lembut dan sensitif. Beberapa bayi bahkan ada yang mengalami peradangan gusi dan demam🤒 sebagai respons terhadap pertumbuhan gigi.

✔️Sering menggigit-gigit

Ketika pertumbuhan gigi🦷 pertama kali terjadi, anak biasanya mengalami rasa nyeri pada gusi mereka. Untuk meredakan ketidaknyamanan ini, bayi sering kali mencoba menggigit-gigit benda-benda di sekitarnya.


Masa pertumbuhan gigi anak

🗓️Kapan biasanya gigi susu mulai tumbuh?

Biasanya, gigi susu mulai muncul saat anak berusia 4 hingga 7 bulan. Namun, perlu diingat bahwa proses pertumbuhan gigi dapat bervariasi antara satu anak👶 dan yang lain sehingga ada yang giginya muncul lebih awal atau lebih lambat.

🏥Kapan orang tua perlu membawa anak konsultasi ke dokter?

Biasanya, gejala-gejala yang terkait dengan pertumbuhan gigi susu dapat berlangsung sekitar 8 hari. Penting bagi orang tua untuk mengonsultasikan anak ke dokter jika mereka mengalami demam tinggi, gusi berdarah atau bernanah, batuk, diare, muntah🤮, pembengkakan wajah, muncul ruam pada tubuh, atau hidung tersumbat selama masa pertumbuhan gigi susu.