post-title

Anak Alami Gangguan Pendengaran?

Penting untuk menjaga kewaspadaan terhadap gangguan pendengaran pada anak-anak yang bisa ditandai oleh beragam gejala yang perlu diawasi. Hal ini penting untuk mencegah penurunan kondisi pendengaran👂🏻 anak yang dapat berdampak pada perkembangan sosial mereka.


Kenali gejala awal anak alami gangguan pendengaran

📖Mengalami kesulitan dalam proses belajar 

Anak yang menghadapi gangguan pendengaran sering kali menunjukkan kinerja sekolah yang kurang memuaskan karena kesulitan dalam mengikuti pelajaran, menyimak materi yang diajarkan oleh guru👩🏻‍🏫, dan sering kali teralihkan oleh pikiran-pikiran lain.

🙊Mengalami hambatan dalam berbicara

Biasanya, anak yang menghadapi masalah pendengaran akan mengalami kendala dalam kemampuan berbicara dan sering kali mengalami keterlambatan dalam perkembangan bahasa. Mereka mungkin cenderung berbicara dengan nada yang lebih keras dan mengalami kesulitan dalam mengucapkan kata-kata🗣️ dengan benar.

🙉Sulit mendengar suara dengan jelas

Anak-anak yang menghadapi masalah pendengaran sering kali mengalami kesulitan mendengar dengan jelas sehingga mereka cenderung menaikkan volume saat menonton televisi atau mendengarkan musik🎶. Selain itu, dalam percakapan dengan orang lain, mereka sering meminta agar ucapan diulang, mungkin terlambat merespons saat dipanggil, dan kadang mendengar suara berdengung yang kurang jelas.


Mengapa anak bisa alami gangguan pendengaran?

📝Masalah kesehatan pada anak

Gangguan pendengaran pada anak bisa muncul karena sejumlah faktor, termasuk masalah kesehatan atau hambatan✋ dalam perkembangan, seperti cedera kepala, otitis media, infeksi meningitis, kelainan genetik, kelahiran prematur, atau paparan terhadap kebisingan yang berlebihan.

🤰Ibu menderita penyakit tertentu pada saat mengandung

Gangguan pendengaran🙉 yang dialami anak juga dapat dipengaruhi oleh kondisi ibu selama kehamilan, seperti preeklamsia, rubella, atau diabetes gestasional. Oleh karena itu, wanita hamil harus lebih waspada akan kondisi kesehatannya pada masa kehamilan karena dapat memengaruhi anak nantinya.


Bagaimana cara mengatasi gangguan pendengaran pada anak?

💊Masalah pendengaran dapat diatasi dengan mengonsumsi obat

Beberapa gangguan pendengaran, yang termasuk dalam kategori masalah medis, bisa diatasi melalui penggunaan obat-obatan, seperti otitis media atau radang telinga tengah yang dapat diobati🧑‍⚕️ dengan antibiotik atau obat antiinflamasi.

🏥Menjalani operasi

Jika upaya-upaya lain telah diterapkan tanpa memberikan perbaikan pada gangguan pendengaran, dokter mungkin akan merekomendasikan tindakan operasi🩺. Operasi ini biasanya melibatkan pemasangan tabung di telinga.

🧹Menjaga kebersihan telinga

Kemungkinan gangguan pendengaran bisa disebabkan oleh kebersihan telinga yang kurang optimal. Meskipun masalah ini bisa diatasi dengan membersihkan telinga, sebaiknya tidak menggunakan cotton bud dan pergi ke dokter👨‍⚕️ THT untuk membersihkan telinga anak dengan aman.

✔️Menggunakan alat bantu dengar

Jika masalah gangguan pendengaran pada anak sulit untuk diatasi, orang tua memiliki alternatif lain untuk mengatasi hal ini dengan mempertimbangkan pemasangan alat bantu dengar pada anak👦🏻.