post-title

Mainan Bayi Usia 6 Bulan keatas

Ketika mencapai usia enam bulan atau lebih, bayi sudah bisa duduk🪑, bahkan mulai merangkak atau berjalan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memilih mainan yang dapat memberikan dukungan signifikan terhadap perkembangan kognitif dan psikomotorik anak.


Pilihan mainan edukatif untuk si kecil

🎨Mainan bertombol yang edukatif 

Bayi umumnya lebih suka mainan bertombol yang bisa menghasilkan suara atau cahaya💡. Sebagai contoh, ada activity table yang memiliki berbagai warna cerah untuk menarik perhatian bayi. Untuk memainkannya, bayi perlu berdiri sehingga mainan ini juga dapat melatih kemampuan mereka untuk berdiri.

🧩Melatih pemecahan masalah dengan puzzle

Melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah bisa dimulai sejak dini melalui permainan yang bermanfaat, seperti puzzle. Penting untuk memilih puzzle yang sesuai dengan usia anak. Misalnya, untuk bayi yang berusia 6-12 bulan, disarankan untuk menggunakan puzzle👻 berukuran besar yang hanya terdiri dari tiga bagian yang perlu dipasang.

🚶🏻‍♀️Belajar berjalan dengan walking toys

Walking toys adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu anak-anak belajar berjalan dan beberapa di antaranya bentuknya dapat diubah menjadi sepeda🚲 sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

🪞Eksplorasi visual dengan cermin tidak pecah belah

Bercermin adalah cara yang baik untuk melatih bayi dalam mengenali ekspresi wajah mereka saat mereka mengalami berbagai emosi. Hal ini dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan sosial mereka. Pastikan bahwa cermin yang digunakan aman bagi bayi👶🏻.


Lengkapi aktivitas si kecil dengan mainan yang bermanfaat!

📚Mengasah imajinasi anak dengan buku-buku interaktif

Ada banyak buku berkualitas yang dapat membantu proses pembelajaran anak dalam mengenal bentuk, angka🔢, dan objek-objek di sekitarnya. Buku-buku dengan bahan tebal sangat direkomendasikan untuk bayi agar tidak mudah rusak ketika mereka menggigitnya.

⚽Belajar dengan bola dan susunan balok-balok

Bermain balok memungkinkan anak untuk mengasah keterampilan motorik mereka. Di samping itu, ada juga bola-bola sensorik dengan beragam tekstur yang bagus untuk keterampilan fisik dan kognitif mereka🙇🏻‍♀️.

🍳Dapur mainan atau bermain menumpuk cangkir

Saat mencapai usia 6 bulan, minat eksplorasi bayi semakin berkembang, terutama terhadap objek-objek di sekitarnya. Inilah saat yang tepat bagi orang tua untuk mempertimbangkan memberikan dapur mainan kepada anak mereka. Selain itu, permainan menumpuk cangkir juga bisa membantu mengembangkan koordinasi mata dan tangan🫳 si kecil.

🎻Alat musik

Mainan musik yang menghasilkan suara ketika ditekan sangat baik untuk membantu bayi mengembangkan keterampilan motorik dan fisiknya. Selain itu, melalui mainan ini, bayi juga dapat memahami konsep sebab akibat saat mereka menghasilkan suara dengan menekan atau menggerakkan alat musik seperti piano🎹, kerincingan, atau maracas.