post-title

Kapan Bayi Mulai Makan MPASI?

Bayi tidak akan selamanya mengandalkan ASI🍼 sebagai sumber utama nutrisinya. Mereka akan memerlukan makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memahami kapan saat yang tepat dan jenis makanan apa yang sesuai untuk memulai pemberian MPASI kepada bayi.


Makanan pertama yang dikonsumsi bayi sebagai pendamping ASI

✔️Jenis MPASI yang diberikan untuk bayi

Makanan pendamping ASI yang direkomendasikan untuk diberikan kepada bayi adalah kombinasi antara kentang, daging, atau sayuran yang mengandung zinc dan zat besi🧲 yang penting untuk perkembangan bayi.

⏳Kapan bayi boleh mulai diberikan MPASI?

Pemberian MPASI pada bayi dapat dimulai ketika mereka mencapai usia 6 bulan karena pada saat itu sistem pencernaan bayi telah berkembang dan siap menerima makanan🍌 padat. Proses pemberian MPASI ini juga memerlukan kesabaran karena sering kali perlu mencoba beberapa kali, bahkan hingga sekitar 8 kali, untuk meyakinkan bayi agar mau menerima makanan padat.


Mengenali tanda-tanda kesiapan bayi untuk MPASI

🪑Bayi mampu menegakkan kepalanya dan duduk dengan tegak

Sebelum mulai memberikan MPASI kepada bayi, penting untuk memperhatikan apakah bayi sudah memiliki kemampuan untuk menegakkan kepalanya. Ini diperlukan agar bayi dapat menjaga lehernya tetap lurus saat menelan makanan, mencegahnya tersedak. Selain itu, bayi juga harus sudah mampu duduk dengan tegak dan mau duduk di kursi khusus anak ketika diberi makan🥣.

🕰️Bayi mengalami perubahan rutinitas

Seiring bertumbuhnya bayi, pola makannya juga akan berubah dan ini dapat memengaruhi pola tidurnya. Ketika pencernaan bayi sudah siap menerima makanan selain susu🥛, gejala yang sering muncul biasanya bayi menjadi lebih sering merasa lapar dan asupan susunya meningkat dibandingkan sebelumnya.

🌰Bayi tertarik untuk mencoba makanan yang dimakan orang tua

Bayi yang sudah siap untuk menerima makanan pendamping biasanya akan menunjukkan minat untuk mencoba makanan🍚 yang orang tuanya sedang makan, mungkin dengan cara memperhatikannya atau ingin mencicipi makanan tersebut.

👶🏻Bayi mau menerima makanan yang diberikan dengan membuka mulut secara lebar

Bayi sering kali melihat orang tuanya makan dengan menggunakan sendok sehingga ketika bayi yang sebelumnya hanya minum susu mulai tertarik untuk mencoba makanan dengan sendok🥄, ia mungkin akan menunjukkan rasa penasaran dengan membuka mulut lebar-lebar ketika sendok didekatkan ke mulutnya.