post-title

Kapan Bayi bisa Angkat Kepala Sendiri?

Kontrol kepala untuk tegak tanpa topangan merupakan hal yang masih sulit dilakukan untuk bayi baru lahir. Bayi yang usianya kurang dari 1 bulan masih belum memiliki kemampuan motorik yang baik, serta otot💪 pada leher juga belum kuat. Perlu diketahui bahwa bayi memiliki tahapan usia tersendiri untuk mengangkat kepalanya.


Perkembangan motorik dan kontrol kepala sesuai usia bayi

⏳1-2 bulan

Saat bayi berusia 1-2 bulan, ia akan mulai mengangkat kepalanya, serta berbalik ke arah lain dalam waktu yang singkat. Bayi juga akan kembali melakukannya saat tidur😴 telentang pada usia 6-8 minggu jika si kecil sudah mulai kuat mengangkat kepalanya meskipun dalam waktu yang singkat.

⏱️3-4 bulan

Pada usia 3-4 bulan, bayi sudah mulai memiliki kontrol atas kepalanya. Bayi sudah bisa menstabilkan kepalanya saat tengkurap. Jika hal ini terjadi, maka orang tua dapat memberi permainan kecil untuk merangsang otot lehernya. Saat bayi telentang, tarik kedua tangan🫴 si kecil menjadi posisi duduk secara perlahan. Kemudian posisikan bayi telentang kembali.

📆5-6 bulan

Saat usia bayi menginjak 5-6 bulan, maka keingintahuannya akan semakin besar dan mulai melihat lingkungan sekitar karena kemampuan motorik bayi mulai berkembang seperti gerakan kaki🦵, angkat kepala, bahkan duduk juga sudah mulai dilakukan. Penglihatan bayi juga semakin jelas. Kemampuan mata, tangan dan lisan bayi juga semakin berkembang.


Jika bayi belum bisa mengangkat kepala, apakah itu normal?

✅Perkembangan setiap bayi berbeda

Setiap bayi memiliki perkembangan sistem motorik dan lainnya pada waktu yang berbeda-beda. Ada yang bisa mengangkat kepala, namun belum bisa melakukan hal lainya, begitu pun sebaliknya. Perbedaan ini normal adanya. Sebagai orang tua, tetap perhatikan perkembangan anak dan tidak perlu merasa khawatir.

☁️Masalah pada bayi

Jika orang tua telah memerhatikan perkembangan bayi namun merasa terjadi masalah, maka segeralah menemui dokter. Perkembangan bayi yang perlu diwaspadai yaitu seperti tidak ada pergerakan duduk atau berguling, tidak ada respon suara🔉 maupun hal lainnya, kontrol kepala tidak kunjung stabil, dan juga otot anak terasa kaku.


Apa artinya jika kontrol kepala bayi lemah?

❗Tanda autisme

Menurut para ahli, bayi yang telah menginjak usia 6 bulan namun kekuatan leher dan kepalanya lemah, maka ini merupakan indikasi gejala awal autisme. Cara memeriksanya adalah dengan membaringkan bayi dan tarik perlahan untuk menjadi posisi duduk💺. Tanda kontrol kepala lemah adalah jika bayi tetap tidak menggerakkan kepalanya ke depan.

🐢Keterlambatan perkembangan sosial

Saat dilakukan penelitian risiko autisme, sebanyak 54 persen anak dinyatakan tidak mengalami autisme, namun perkembangan bahasa dan sosialnya mengalami keterlambatan. Lemahnya kontrol kepala pada usia 6 bulan juga dimiliki pada anak dengan keterlambatan sosial dan bahasa.

👨‍👩‍👧Orang tua sigap

Jika bayi dirasa belum dapat menopang kepalanya walau sebentar saja di usia 3 bulan, maka sebaiknya segera menemui dokter ahli untuk dilakukan pemeriksaan👩🏻‍⚕️. Semakin awal penanganannya, maka pengobatan juga dapat dilakukan lebih dini.