post-title

Kepala Bayi Peyang? Tips Membetulkannya!

Bayi yang memiliki kepala peyang merupakan hal yang tidak membahayakan dan tidak memengaruhi perkembangan pada otaknya, namun hal ini dapat menyebabkan bayi memiliki wajah yang tidak simetris. Bagaimana cara untuk mencegah dan membetulkannya🤔 ?


Pengertian kepala peyang

💀Perubahan bentuk tulang tengkorak

Saat bayi berada dalam posisi yang sama pada waktu yang lama, maka tengkorak bayi yang lunak dapat berubah bentuk karena tertekan. Meskipun tidak membahayakan dan menghambat otak🧠  saat berkembang, namun jika terus dibiarkan akan berisiko anak berwajah tidak simetris.

🔎Jenis kepala peyang

Kepala peyang pada bayi memilik 2 jenis kondisi, yakni brachycephaly dan plagiocephaly. Bachycephaly merupakan sebuah kondisi di mana bagian kepala belakang bayi berbentuk peyang, sedangkan plagiocephaly merupakan kondisi peyang pada kepala bayi yang terletak pada salah satu sisi sehingga membuat kepala terlihat tidak rata dan telinga👂 yang tidak sejajar.


Alasan bayi peyang

☁️Rahim bermasalah dan bayi prematur

Saat bayi masih berada di dalam rahim, kepala bayi tertekan. Tekanan pada rahim ini terjadi karena air ketuban kurang maupun terjadi cedera pada rahim. Selain itu, bayi yang lahir secara prematur juga bisa menyebabkan kepala peyang karena tengkoraknya cenderung lebih lunak dan kepala bayi lebih sering tertekan di satu sisi saat tidur😴.

🛏️Posisi terlentang yang sangat lama

Jika bayi tidur pada posisi yang terlalu lama hanya pada satu sisi saja, kepala lunak bayi akan menjadi peyang. Begitu juga jika bayi tidur terlentang terlalu lama, maka kepala bagian belakang bayi akan terbentuk menjadi peyang atau datar.

🦴Masalah pada tengkorak

Salah satu penyebab kepala bayi peyang yaitu bersatunya lempengan tengkorak yang terjadi terlalu awal. Hal ini akan membuat kepala bayi tidak berbentuk sempurna. Akan tetapi, kondisi ini jarang terjadi, namun jika dirasa ada gangguan⚡, segeralah menemui dokter untuk mendapat pemeriksaan.


Mengatasi kepala peyang

🔄Merubah posisi kepala

Sebagai orang tua yang tidak menginginkan buah hatinya berkepala peyang, hendaknya tidak membiarkan kepala bayi berada pada satu sisi saja terlalu lama. Biasakan mengubah posisi saat menggendong, posisi kepala saat bayi tertidur, maupun perubahan tempat tidur🛏️. Lakukan hal ini secara berkala.

✔️Jika terlanjur peyang

Jika anak Anda sudah terlanjur peyang, maka tetaplah lakukan perubahan posisi pada keterangan sebelumnya. Perlu diingat, bahwa hal ini harus dilakukan secara rutin hingga beberapa bulan untuk mengembalikan lagi bentuk bulat kepala bayi.