post-title

Selimut Listrik Berbahaya bagi Ibu Hamil?

Selimut listrik biasanya digunakan untuk memberikan kehangatan saat merasa kedinginan. Akan tetapi, selimut listrik🔌 dianggap berbahaya saat digunakan oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan karena suhu tubuh ibu hamil dapat meningkat. Jika suhu tubuh ibu hamil meningkat, maka akan berisiko pada kesehatan bayi, seperti lahir cacat.


Pengganti selimut listrik untuk ibu hamil saat kedinginan

👚Berpakaian tebal

Sebagai alternatif selimut listrik, Anda bisa menggunakan pakaian hangat yang dapat menghangatkan tubuh🧖‍♀️ seperti baju tebal, jaket, topi, dan pakaian lainnya.

🧶Selimut biasa

Meskipun kehangatan dari selimut biasa tidak begitu tinggi, namun selimut biasa menjadi alternatif aman untuk ibu hamil saat ingin menghangatkan♨️ tubuh. Anda bisa menggunakan selimut tebal dengan selimut berbahan kasmir atau wol yang lebih hangat.

🛏️Bantal dan botol panas

Alternatif lainnya yakni menggunakan bantal pemanas berisi air panas yang teksturnya lebih lembut. Gunakan pada bagian yang Anda rasa dingin seperti kaki🦶atau tangan. Tidak hanya itu, botol air panas juga bisa sebagai alternatif untuk menghangatkan badan dengan cara meletakkannya di dalam selimut agar tubuh tetap hangat.


Risiko memakai selimut listrik

🌡️Suhu tubuh ibu hamil

Saat ibu sedang mengandung, maka suhu tubuh tidak diperbolehkan lebih dari 39 derajat celcius. Jika suhu tubuh ibu hamil lebih tinggi daripada itu, maka akan berisiko pada ibu dan si kecil.

☁️Risiko pada janin

Saat suhu tubuh ibu meningkat, bayi akan mengalami masalah tulang🦴 belakang dan cacat tabung saraf saat kehamilan ibu pada trimester pertama. Bayi akan terlahir cacat dan rendahnya berat badan bayi saat ia dilahirkan.

👩🏻Risiko pada ibu

Akibat suhu tubuh yang meningkat, ibu akan merasa dehidrasi dan merasa terlalu lelah. Jika terpapar panas dalam waktu⏰ lebih dari 10 menit, maka ibu hamil dapat berkeringat dan risiko keguguran juga meningkat. Menurut studi dari Yale University, keguguran pada ibu hamil karena kepanasan sering terjadi pada usia 7 minggu kehamilan.


Penggunaan selimut listrik

✨Awal kehamilan

Jika terpaksa tidak ada alternatif lain dan harus menggunakan selimut listrik, maka hindari penggunaannya🙅‍♀️ saat hamil di trimester awal karena tingginya risiko keguguran. Selain itu, disarankan untuk tidak dipakai terlalu lama karena akan menaikkan suhu tubuh ibu terlalu tinggi.

📖Membaca manual selimut listrik

Baca secara teliti seluruh larangan dan manual yang tertera pada selimut listrik. Ikuti aturan pakai dan hindari larangan yang tertera agar tidak mendapat dampak negatif atas penggunaannya.

📌Selimut listrik pengatur suhu

Disarankan untuk membeli selimut listrik yang memiliki pengaturan suhu agar dapat mengatur panas yang sesuai dengan kondisi tubuh. Pastikan untuk tetap menggunakan selimut ini dalam suhu rendah🧊, agar suhu tubuh ibu tidak meningkat terlalu tinggi.