post-title

Hemoglobin Bumil Rendah?

Hemoglobin (Hb) berfungsi sebagai penyimpan oksigen dan penyaluran oksigen🌬️ ke seluruh tubuh dan juga mengeluarkan karbondioksida melalui pernapasan. Jika hemoglobin rendah, maka hal ini akan menyebabkan anemia. Anemia terjadi jika sel darah merah pada tubuh ibu rendah. 


Risiko hemoglobin rendah pada ibu hamil

🤰Risiko pada ibu

Hemoglobin yang rendah mengakibatkan penyaluran oksigen ke seluruh tubuh tidak bekerja dengan baik. Rendahnya oksigen akan berisiko terjadinya kerusakan pada organ ibu hamil. Tidak hanya itu, oksigen yang rendah membuat jantung🫀 akan bekerja ekstra. Hal tersebut memicu berisiko terkena penyakit jantung.

👶Risiko pada janin

Rendahnya hemoglobin dipicu akibat kurangnya zat besi🧲, asam folat, dan vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika nutrisi tersebut kurang, maka dapat berisiko janin berkembang dengan tidak baik, lahir prematur, dan berat lahir bayi rendah. Jika mengalami anemia parah, maka bisa berisiko komplikasi pada kehamilan hingga keguguran.


Penyebab hemoglobin rendah!

🥦Kekurangan nutrisi

Jumlah darah saat hamil lebih banyak dibutuhkan sekitar 20 hingga 30 persen. Jumlah darah bisa didapat dari zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Jika nutrisi tidak terpenuhi, maka risiko terkena anemia akan lebih tinggi.

📌Faktor lain

Tidak hanya karena kekurangan nutrisi, anemia juga bisa terjadi karena ibu sedang mengandung janin kembar, hamil kembali setelah kehamilan sebelumnya dengan jarak yang dekat, sering memuntahkan makanan, dan juga sebelum hamil, menstruasi✨ terjadi cukup deras.


Penanganan hemoglobin rendah

🍴Menjaga pola makan

Pastikan mengonsumsi zat besi, asam folat, dan vitamin B12 yang cukup selama mengandung. Jenis makanan yang kaya akan zat besi yaitu daging sapi🥩 tidak berlemak dan bayam. Sedangkan mengonsumsi vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi pada tubuh.

📊Tingkat anemia rendah dan sedang

Jika masih tergolong anemia rendah maupun sedang, maka segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi. Biasanya ibu hamil akan mendapat vitamin untuk pemenuhan nutrisi harian, khususnya zat besi, asam folat, dan vitamin B12🐟.

❗Anemia parah

Bagi ibu hamil yang mengalami anemia yang parah, maka dokter akan menambahkan sel darah merah dengan cara transfusi darah💉.