post-title

Car Seat Bayi! Bingung Hadap Depan / Belakang?

Penggunaan car seat sangat penting ketika mengemudi dengan anak berusia di bawah lima tahun untuk mengurangi risiko cedera dalam situasi darurat seperti kecelakaan🚨. Untuk menjaga keselamatan anak, penting bagi orang tua untuk memilih car seat yang sesuai secara tepat.


Memilih car seat dengan bijak

🔎Lakukan riset terlebih dahulu

Sebaiknya, jangan terburu-buru dalam memilih dan membeli car seat. Disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui berbagai jenis car seat yang tersedia yang sesuai dengan usia, tinggi, dan berat badan⚖️ anak. Selain itu, orang tua sebaiknya tidak membeli car seat bekas, mengingat car seat memiliki masa pemakaian sekitar 6 tahun.

✅Mencari tahu kualitas dari car seat yang akan dibeli

Faktor penting yang orang tua perlu pastikan adalah car seat memiliki label SNI yang menunjukkan standar keselamatan⚠️. Selain itu, car seat sebaiknya terbuat dari bahan nyaman dan mudah dibersihkan. Sabuk pengamannya harus cukup kencang untuk menjaga keselamatan, tetapi juga mudah dilepas dan dipasang. Idealnya, car seat memiliki sabuk pengaman dengan lima titik, yaitu di pinggang, bahu, dan satu di antara kaki.

🚙Mengukur kesesuaian car seat dengan mobil

Penting untuk memerhatikan kesesuaian ukuran car seat dengan mobil yang dimiliki agar car seat dapat dipasang dengan aman dan kencang. Hal ini sangat penting karena car seat yang tidak terpasang dengan baik dapat meningkatkan risiko bahaya dan ketidaknyamanan untuk anak.

☝🏻Fitur car seat yang harus diperhatikan

Fitur krusial yang sebaiknya ada pada car seat adalah absorbing foam dan side protection di sekitar leher, kepala, dan tulang belakang, yang berperan dalam menjaga bayi👶🏻 dari dampak benturan dan getaran saat berada di dalam mobil.


Pilihan car seat untuk berbagai kebutuhan

📌Meningkatkan keamanan dengan booster seat

Booster seat adalah jenis car seat yang paling menyerupai kursi yang digunakan oleh orang dewasa. Car seat ini dipasang menghadap ke depan dan biasanya digunakan oleh anak-anak🧒🏻 berusia antara 4 hingga 8 tahun.

✔️Kenali kelebihan convertible seat untuk bayi

Convertible seat adalah jenis car seat lain yang dapat dipasang menghadap ke depan atau ke belakang di dalam mobil🚗, disesuaikan dengan pertumbuhan anak. Car seat ini dapat mulai digunakan saat anak berusia 6 bulan atau lebih.

❇️Kepraktisan dan keamanan penggunaan infant carrier

Car seat jenis ini dapat dipasang di stroller dan mobil yang biasanya digunakan untuk bayi. Car seat ini diatur dengan posisi menghadap ke belakang karena bayi pada umumnya belum memiliki kemampuan untuk menopang kepala mereka saat menghadapi tekanan akibat benturan.