post-title

Cokelat... Enaknya

Selama masa kehamilan, sering kali ibu hamil menginginkan camilan atau makanan manis seperti coklat🍫. Namun, apakah konsumsi coklat sebenarnya memiliki dampak positif pada ibu hamil? Atau justru dapat membahayakan janin?


Apa saja manfaat cokelat?

🩸Menjaga tekanan darah 

Pada ibu hamil, preeklampsia atau tekanan darah tinggi cukup sering terjadi. Theobromine yang terkandung dalam cokelat memiliki potensi untuk mengatur kembali tekanan darah ke tingkat yang stabil⚖️ dan mengurangi risiko masalah perkembangan pada janin.

😊Meminimalisir stress dan bayi menjadi lebih bahagia

Mengonsumsi cokelat memiliki kemampuan untuk mengurangi tingkat stres dan memiliki potensi untuk meningkatkan kebahagiaan pada bayi.

☝️Sumber antioksidan

Kandungan antioksidan dan flavonoid dalam cokelat memiliki potensi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan ibu hamil. Selain itu, zat antioksidan juga dapat mengurangi kemungkinan risiko penyakit jantung🫀 pada ibu hamil.

💖Memiliki dampak pada perasaan ibu hamil

Coklat dapat memberikan efek menengangkan dan rasa nyaman🍃 sehingga dapat menjaga perasaan atau emosi ibu hamil menjadi lebih stabil. 


Bahaya makan terlalu banyak cokelat

👶🏻Memicu risiko bayi terlahir tidak normal

Konsumsi coklat dalam jumlah yang berlebihan juga bisa berdampak negatif pada perkembangan janin. Ini disebabkan oleh kandungan kafein dalam coklat yang dapat meningkatkan risiko gangguan☁️ perkembangan pada bayi yang dikandung oleh ibu hamil.

🍭Diabetes

Kandungan gula dalam coklat cenderung tinggi yang apabila terus-menerus dikonsumsi, seiring waktu dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya diabetes. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu hamil untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi coklat.


Jenis coklat apa yang disarankan untuk ibu hamil?

🍪Coklat gelap 

Coklat hitam atau coklat gelap lebih disarankan untuk ibu hamil karena coklat hitam lebih mengandung gizi yang bermanfaat bagi ibu hamil seperti magnesium, theobromin, antioksidan, zat besi🧲. 

🍫Coklat murni 

Coklat alami tanpa penambahan gula atau pemanis buatan lebih direkomendasikan bagi ibu hamil. Adanya pemanis🍬 dapat berkontribusi pada masalah obesitas dan mengganggu metabolisme, baik pada ibu hamil maupun janin.

🍩Hindari coklat olahan 

Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi coklat olahan karena terdapat kemungkinan bahwa olahan coklat kurang higienis dan berpotensi mengandung bakteri🦠 yang dapat berdampak pada kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.