post-title

Sering Jongkok saat Hamil?

Ibu yang sedang mengandung umumnya lebih berhati-hati dalam melakukan setiap gerakan. Salah satu pertanyaan umum yang sering diajukan oleh ibu hamil adalah apakah aman melakukan gerakan jongkok selama masa kehamilan🤰?


Jongkok saat hamil sebenarnya aman tidak ya?

❓Apakah ibu hamil boleh jongkok?

Tidak dilarang bagi ibu hamil untuk melakukan gerakan jongkok. Namun, sebaiknya ibu hamil tidak melakukan jongkok dalam waktu yang terlalu lama⌛.

🤷🏻‍♀️Apakah berbahaya?

Posisi jongkok memiliki beberapa manfaat dalam proses persalinan, namun ibu hamil juga perlu menjaga kewaspadaan⚠️ dan memahami bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin. 


Apa saja manfaat jongkok bagi ibu hamil?

🏥Membantu persalinan

Menurut American Pregnancy Association, posisi jongkok memiliki potensi untuk membantu pergerakan turunnya janin dan memperlebar panggul yang dapat memperlancar proses kelahiran.

🙅🏻‍♀️Mencegah sembelit

Menurut hasil penelitian🔬, ibu hamil yang menggunakan toilet dengan posisi jongkok memiliki risiko lebih rendah terkena sembelit dibandingkan dengan ibu hamil yang menggunakan toilet dengan posisi duduk🚽.


Akibat dari ibu hamil yang terlalu sering jongkok

📌Potensi untuk terjatuh atau tergelincir

Keseimbangan tubuh dapat menurun saat seorang ibu sedang hamil🤰. Perpindahan dari posisi jongkok ke berdiri cenderung menyebabkan pusing dan mengalami keseimbangan menurun yang dapat meningkatkan risiko terjatuh atau tergelincir.

⚡Nyeri di perut

Pada saat janin mencapai usia empat bulan, kontraksi pada perut akan menjadi lebih sering terjadi. Hal ini dapat menyebabkan ibu merasa tidak nyaman dan mengalami nyeri di perut, terutama jika ibu hamil melakukan gerakan jongkok dalam waktu yang lama.

☁️Mengalami keguguran

Jika ibu hamil melakukan gerakan jongkok dalam durasi yang panjang, kemungkinan terjatuh atau tergelincir akan meningkat. Selanjutnya, jika seorang ibu terjatuh selama masa kehamilan, ini bisa berisiko mengakibatkan keguguran.

👃Bayi sulit bernafas

Saat seorang ibu sedang hamil melakukan gerakan jongkok, tekanan akan terasa pada perut dan ini juga akan memberikan tekanan pada janin yang dapat mengganggu proses pernapasan🫁 janin. 

✔️Sakit pada punggung

Posisi jongkok dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan ibu hsmil merasakan ketidaknyamanan pada bagian punggung karena otot-otot💪 belakang meregang dan menyebabkan rasa sakit.

☝️Memperparah ambeien

Melakukan gerakan jongkok dalam jangka waktu yang lama dapat memiliki efek buruk pada ibu hamil yang menderita ambeien. Kondisi ini berpotensi memperburuk🚨 serta memicu perdarahan.