post-title

Sering Cegukan saat Hamil?

Selama masa kehamilan, banyak perubahan yang dialami oleh tubuh seorang wanita. Salah satu pengalaman yang cukup umum, meskipun mungkin terasa tidak biasa, adalah mengalami cegukan. Ibu hamil🤰 cukup sering merasa khawatir apakah hal ini wajar atau tidak. Apa saja penyebab cegukan ketika hamil dan cara mengatasinya?


Ibu hamil sering cegukan?

❓Apakah wajar ibu hamil jadi sering cegukan?

Wajar jika seorang ibu hamil sering mengalami cegukan, tetapi jika cegukan terus berlanjut selama beberapa hari, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter🏥.

☝️Mengapa ibu hamil jadi sering cegukan?

Ibu hamil mengalami cegukan lebih sering karena terjadi perubahan pada kondisi diafragma akibat tekanan dari pertumbuhan janin👶 dan perubahan oksigen.


Apa saja faktor yang menyebabkan cegukan?

🌡️Suhu tubuh yang berubah

Mengonsumsi makanan🥣 dan minuman yang memiliki suhu berbeda dapat menyebabkan timbulnya cegukan.

🍽️Makan terburu-buru

Apabila ibu hamil🤰 makan dengan terburu-buru, oksigen akan masuk dengan cepat ke paru-paru yang kemudian memengaruhi diafragma, dan menyebabkan timbulnya cegukan pada ibu hamil.

🥤Kurang minum air

Selama kehamilan, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan untuk mendukung aliran darah dan oksigen🍃 yang lancar. Ketika ibu hamil kekurangan cairan, tidak semua makanan yang dikonsumsi dapat mencapai perut, sehingga dapat menyebabkan terjadinya cegukan. 

🍜Makan dengan porsi berlebihan

Makan dalam jumlah porsi berlebihan saat hamil dapat mengakibatkan makanan terjebak di dalam diafragma, yang bisa menyebabkan timbulnya cegukan.

🌶️Mengonsumsi makanan pedas

Ketika sedang memasak makanan pedas, ibu hamil dapat mengalami cegukan karena penggunaan bumbu pedas. Selain itu, saat mengonsumsi makanan pedas🥵, seseorang cenderung mengambil napas lebih dalam untuk meredakan rasa pedas, yang dapat memengaruhi diafragma yang menyebabkan cegukan. 


Bagaimana cara mengatasinya?

🫁Tahan nafas 

Salah satu cara untuk mengatasi cegukan adalah dengan menahan nafas beberapa detik untuk mengatur jumlah oksigen🌬️ yang masuk ke diafragma, yang juga dapat mengurangi tekanan pada diafragma. 

🍋Minum air lemon

Mengonsumsi air lemon dapat membantu menstabilkan diafragma dan membuat cegukan dapat teratasi. 

🥛Perbanyak air putih

Meminum air putih💦 perlahan dapat menghentikan cegukan dengan mengembalikan kestabilan dan bentuk dari diafragma.

👃Menekan hidung dan ditahan

Teknik mengatasi cegukan lainnya adalah dengan menutup satu lubang hidung dan bernapas melalui lubang hidung yang lainnya dengan mulut tertutup rapat. Pastikan oksigen tidak masuk melalui hidung dan mulut👄, dan lakukan teknik ini selama satu menit hingga cegukan berhenti.