post-title

Prurigo saat Hamil, Gatal!!!

Pernahkah mendengar kondisi yang disebut prurigo? Bagi yang belum mengetahuinya, prurigo merupakan kondisi di mana Anda merasa gatal saat sedang mengandung buah hati. Bagaimana rinciannya? Mari kita simak!👀


Apa yang dimaksud dengan prurigo?

📌Gatal-gatal pada tubuh saat hamil

Saat badan terasa gatal hingga muncul ruam pada tubuh, maka kondisi ini disebut dengan prurigo. Prurigo biasanya terjadi pada ibu hamil🤰 yang kemungkinan dapat terjadi selama berbulan-bulan saat masa kehamilan maupun hingga setelah melahirkan.

⏳Masa terjadinya prurigo

Tidak ada waktu yang pasti kapan prurigo bisa terjadi, dan rasa gatal tersebut bisa muncul kapan saja. Akan tetapi, prurigo biasanya terjadi saat ibu hamil telah menginjak masa kehamilan trimester dua maupun tiga🗓️. 


Pemicu prurigo pada ibu hamil

🔎Belum ada alasan pasti

Ibu yang sedang mengandung buah hati berisiko mengalami prurigo dengan merasakan gatal pada tubuh. Menurut para ahli, 1 dari 300 orang ibu hamil mengalami prurigo. Meski begitu, belum🙅‍♀️ ada jawaban secara pasti untuk menjawab penyebab prurigo ini terjadi.

👀Dugaan pemicu prurigo

Meski tidak diketahui secara pasti alasan mengapa prurigo dapat terjadi, namun para ahli menduga ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi, seperti adanya alergi, hormon dan sistem imun💪 ibu hamil yang berubah, serta adanya peningkatan volume darah, dan juga kolestasis.


Berikut gejala prurigo pada ibu hamil!

📝Membedakan bintil prurigo dengan bentol serangga

Bintil prurigo memang mirip dengan bentol saat digigit serangga, namun ada beberapa perbedaan pada bintil prurigo, yakni seperti rasa gatal yang teramat sangat, bintil berkumpul hanya pada satu bagian tubuh ibu hamil saja, berwarna ungu, merah🌺, maupun merah muda, dan berkerak.

📍Letak prurigo pada tubuh

Benjolan yang terjadi karena prurigo bisa timbul di kantung letak tumbuh folikel dengan munculnya nanah di bagian tengah benjolan. Prurigo sering terjadi pada siku bagian belakang maupun lutut ibu hamil. Akan tetapi juga dapat ditemukan pada perut, kaki🦵, lengan, maupun pundak.


Tips bagi ibu hamil untuk mengatasi prurigo!

🛁Mandi dengan air dingin dan lembabkan tubuh

Rasa gatal akan berkurang dengan cepat jika menggunakan air hangat. Akan tetapi, hal ini hanya bersifat sementara dan justru membuat kulit lebih kering. Oleh karena itu, sebaiknya mandi dengan air dingin dan gunakan pelembap kulit🧴agar rasa gatal dapat berkurang.

❄️Kompres dingin dan menghindari cuaca panas

Saat merasa gatal, Anda bisa mengompresnya dengan kompresi dingin dan tidak menggaruknya. Gatal dapat berkurang saat dikompres dengan kompres dingin. Selain itu, menghindari panasnya🌞 cuaca juga bisa dilakukan karena panasnya cuaca dapat membuat kulit kering dan muncul ruam pada tubuh.

👚Memakai baju longgar dan konsultasi dengan dokter

Baju ketat dapat mengikat keringat dan berisiko mengakibatkan iritasi pada kulit karena adanya gesekan kulit dengan baju yang dipakai. Sebaiknya, pakai baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan berbahan katun yang sejuk. Jika rasa gatal terus terjadi, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter🩺 ahli.