post-title

Ambeien Sesudah Melahirkan?

Ambeien, yang juga dikenal dengan sebutan wasir, merupakan kondisi yang umum terjadi. Namun, apakah Anda tahu bahwa wasir sering kali terjadi pada wanita👩🏻 yang sedang hamil atau setelah melahirkan? Wasir dapat terjadi karena dubur yang membengkak dan membesar saat persalinan.


Gejala ambeien

✅Persalinan normal

Menurut para ahli, wasir atau ambeien ini biasa dialami oleh ibu yang melahirkan secara normal. Akan tetapi, Anda tidak perlu takut karena wasir dapat diobati hingga sembuh.

☁️Dubur tidak nyaman

Saat mengalami wasir, ibu biasanya akan merasa kurang nyaman pada bagian dubur seperti gatal, bengkak pada area sekitar anus, nyeri⚡, hingga mengeluarkan darah saat ibu sedang buang air besar.


Penanganan ambeien setelah persalinan

💊Pemilihan obat yang tepat

Banyak jenis obat yang ditawarkan untuk menyembuhkan wasir. Akan tetapi, untuk ibu yang baru saja melahirkan, hendaknya menanyakan obat paling tepat kepada dokter👩‍⚕️ agar mendapat penanganan yang tepat. Perhatikan masa penggunaannya karena obat wasir untuk ibu melahirkan biasanya tidak dapat digunakan lebih dari seminggu.

🛀Air hangat

Merendamkan diri khususnya pada daerah dubur dapat mengecilkan ukuran ambeien jika dilakukan 2 hingga 4 kali dalam satu hari. Pada bagian bengkak juga dapat dikompres dengan es🧊 untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan pembengkakan.

📝Cara buang air besar

Lakukan dengan tepat saat membersihkan dubur setelah buang air besar dengan cara bersihkan secara lembut dan menggunakan tisu🧻 yang tidak memiliki pewangi agar terhindar dari risiko iritasi kulit. Sebaiknya, hindari menahan buang air besar dan usahakan untuk tidak jongkok terlalu lama.

🥬Perbanyak serat

Agar kondisi wasir tidak semakin parah, disarankan untuk menjaga kelancaran buang air besar tanpa mengalami gangguan sembelit. Untuk mewujudkan buang air besar yang lancar, dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi makanan berserat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan🥜. Penting juga untuk menjaga asupan cairan dengan mengonsumsi 8 hingga 10 gelas air setiap harinya.

🧘🏻‍♀️Senam kegel

Apakah Anda mengetahui adanya jenis olahraga yang dapat mendukung kelancaran pencernaan? Salah satu contohnya adalah senam Kegel. Senam ini efektif dalam meningkatkan aliran darah di sekitar daerah dubur dan bermanfaat untuk menguatkan💪 otot anus, yang dapat mengurangi risiko wasir yang muncul setelah persalinan.