post-title

Senang Mandi Air Panas saat Hamil?

Mandi biasanya dilakukan dengan air dingin. Namun, tidak sedikit yang suka menggunakan air hangat saat mandi dengan alih-alih bisa membuat tubuh terasa lebih rileks. Namun, bagaimana dengan ibu yang sedang hamil yang mandi dengan air hangat? Apa kelebihan dan kekurangannya?🙋


Kelebihan mandi dengan air hangat untuk ibu hamil

🍃Tubuh terasa lebih rileks

Saat hamil, ibu akan merasakan rileks saat mandi dengan air hangat. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat mengurangi stres🌬️ saat kehamilan. Hal ini bagus untuk dilakukan agar stres dapat berkurang dan tidak membahayakan tumbuh kembang janin.

🛏️Tidur lebih nyaman

Ibu yang sedang hamil biasanya akan kesusahan tidur atau yang sering disebut dengan insomnia. Jika mandi dengan air hangat, maka yang awalnya kesulitan untuk tidur💤, ibu hamil dapat tidur dengan nyaman karena badan terasa rileks setelah mandi dengan air hangat.

🛝Melancarkan aliran darah

Saat mengalami kram perut selama masa kehamilan, ibu bisa menyiramkan🚿 air hangat pada bagian sekitar perut maupun mengusapkannya dengan kain hangat. Hal ini dapat membantu kelancaran aliran darah pada perut yang bermanfaat juga untuk mengurangi kram yang dirasakan pada bagian perut.


Namun, air hangat juga memiliki risiko bagi ibu hamil

☁️Ibu mengalami keguguran

Jika ibu hamil mandi dengan air yang terlalu panas, maka akan meningkatkan suhu tubuh yang akan menurunkan tekanan darah sang ibu. Jika hal ini terjadi, maka aliran darah ibu dan janin👶🏻 akan terganggu, yang berisiko membuat asupan oksigen dan makanan janin menjadi berkurang. Hal ini akan memperbesar risiko keguguran dan yang lainnya.

⚠️Lahir dalam kondisi cacat

Apabila mandi dengan air terlalu panas dan suhu tubuh ibu melebihi 39 derajat, maka dapat menyebabkan tubuh mengalami kesulitan untuk menurunkan suhu badan ke normal. Menurut jurnal Birth Defects Research, ibu yang mengalami hal ini berisiko melahirkan anak dengan kondisi cacat akibat tulang belakang🦴 dan sumsum yang tidak terbentuk secara normal.


Tips mandi dengan air hangat secara tepat!

🛁Tidak disarankan untuk berendam

Merendamkan tubuh dengan air hangat dapat mempercepat suhu tubuh untuk naik. Sama dengan berendam, sauna juga tidak disarankan karena biasanya suhu di dalam sauna bersuhu sangat panas yang tidak baik saat hamil.

🌡️Suhu tubuh

Ibu hamil sebaiknya menjaga suhu tubuh untuk tidak terlalu tinggi dan menjaganya selalu di bawah 38 derajat saat mandi menggunakan air hangat. Namun, nyatanya sulit untuk mengetahui suhu tubuh setiap saat, maka dari itu, ibu bisa mandi🧼 dengan air hangat tidak lebih dari 10 menit untuk menyiasati pengontrolan suhu tubuh.

🌊Segera hentikan aktivitas mandi jika terjadi hal berikut!

Jika dirasa tubuh mulai tidak nyaman seperti berkeringat secara berlebihan dan merasa air terlalu panas, maka sebaiknya segera hentikan mandi Anda dan buka pintu🚪, kemudian pindah ke tempat yang terbuka, bukan tempat tertutup seperti kamar mandi. Apalagi jika merasa pusing dan lemas. Jika hal ini terjadi, ini berarti bahwa aliran darah terganggu.