post-title

Cara Memakai Termometer dengan Benar

Termometer menjadi alat yang sering digunakan untuk mengukur suhu tubuh, terlebih jika anak sedang demam. Meskipun terdengar sederhana, penggunaan termometer🌡️ sebenarnya memerlukan teknik dan langkah yang tepat agar hasil pengukuran akurat. 


Pemahaman tentang termometer

❓Berapakah suhu tubuh yang normal?

Suhu tubuh bayi yang dianggap normal berada di rentang 36.5 hingga 37 derajat Celsius. Apabila suhu melampaui 37.5 derajat Celsius, dapat dikatakan bayi mengalami demam. Demam merupakan respons tubuh terhadap stimulasi dari luar maupun dalam yang sering kali diakibatkan oleh infeksi oleh virus atau bakteri🦠.

🙋Bagaimana agar mendapat hasil yang akurat?

Disarankan untuk menggunakan termometer digital daripada termometer air raksa. Selain itu, disarankan juga untuk tidak mengukur suhu tubuh setelah melakukan banyak aktivitas🏃🏻 yang dapat membuat suhu tubuh meningkat. 


Bagaimana cara mengukur suhu?

✔️Mengukur suhu tubuh melalui ketiak

Pengukuran suhu tubuh anak di ketiak paling sering dilakukan karena caranya yang mudah meskipun tidak seakurat💯 di mulut atau dubur. Untuk mengukurnya, letakkan ujung termometer di tengah ketiak, rapatkan lengan agar menempel ke badan, dan baca suhu setelah termometer berbunyi.

👄Mengukur suhu tubuh melalui mulut

Terdapat banyak pembuluh darah pada dinding mukosa mulut sehingga pengukuran suhu dapat dilakukan melalui mulut. Untuk hasil yang akurat, penting bagi anak atau bayi untuk bernapas melalui hidung👃. Saat menggunakan termometer melalui mulut pada anak atau bayi, letakkan di bawah lidah dan tutup dengan bibir, kemudian baca suhu setelah termometer berbunyi.

📌Mengukur suhu tubuh melalui dubur

Mengukur suhu badan anak melalui dubur dianggap paling akurat, khususnya untuk bayi dan balita👶🏻. Pastikan bahwa termometer yang digunakan adalah termometer berujung elastis dan oleskan pelumas untuk memudahkan proses pemasukannya. Saat mengukur, posisikan anak telungkup di pangkuan atau tempat tidur yang rata, kemudian lebarkan lipatan bokong, dan masukkan ujung termometer 1-2 cm ke dalam anus. Tahan dengan merapatkan bokong hingga termometer berbunyi lalu baca suhu.

👦🏻Mengukur suhu tubuh melalui dahi

Termometer digital kini memungkinkan pengukuran suhu tubuh melalui dahi tanpa kontak langsung dengan kulit, yaitu dengan memanfaatkan metode pemindaian pembuluh darah di dahi. Walaupun kurang akurat, metode ini efektif untuk pengukuran massal dalam waktu singkat⏳100. Untuk menggunakannya, nyalakan termometer, arahkan ke tengah dahi, tekan tombol untuk mulai pengukuran, dan baca hasil setelah termometer berbunyi.

👂🏻Mengukur suhu tubuh melalui telinga

Pastikan telinga bersih dan hindari pembersihan dengan cotton bud yang bisa mendesak kotoran masuk. Dalam proses pengukuran, periksa kebersihan ujung sensor termometer, nyalakan💡, lalu tarik cuping telinga bayi ke belakang bawah atau pada anak yang berusia lebih dari 12 bulan ke bagian belakang sebelum menekan tombol pengukuran., kemudian tunggu hingga termometer berbunyi untuk membaca hasil.