post-title

Jadi Banyak Bulu saat Hamil?

Salah satu perubahan yang mungkin mengejutkan dan tidak terduga bagi beberapa ibu hamil adalah pertumbuhan bulu yang semakin tebal di beberapa bagian tubuh selama kehamilan. Meski mungkin terdengar aneh, fenomena ini sebenarnya cukup umum terjadi. Tetapi, apa yang menyebabkan pertumbuhan bulu menjadi lebih banyak saat hamil?🙋🏻‍♀️


Mengapa ibu hamil jadi memiliki banyak bulu?

🤷🏻‍♀️Apakah hal ini wajar?

Ibu hamil tak perlu khawatir akan tumbuhnya bulu yang semakin banyak pada saat hamil karena hal ini merupakan kondisi yang wajar👌. 

🗓️Sampai kapan kondisi ini terjadi?

Situasi ini akan kembali ke keadaan semula setelah proses kelahiran. Namun, jika bukan peningkatan pertumbuhan rambut yang terjadi melainkan penipisan, hal tersebut perlu diwaspadai dan disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter karena bisa menjadi tanda awal kekurangan nutrisi pada ibu hamil. Selain itu, apabila gangguan pertumbuhan rambut dan bulu berlanjut hingga 6 bulan setelah kelahiran, ibu hamil dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter👨‍⚕️ untuk memeriksa kadar hormon.

🪒Bolehkah dicukur?

Ibu hamil aman-aman saja untuk mencukur bulu tubuhnya. Ibu hamil perlu ekstra hati-hati⚠️ karena kulit menjadi lebih sensitif selama masa kehamilan sehingga sering melakukan waxing dapat meningkatkan risiko inflamasi pada kulit. Penting untuk memastikan produk waxing yang digunakan bebas dari bahan kimia berbahaya. Selain itu, hindari pula penggunaan krim atau obat pemutih, termasuk bleaching karena kandungan bahan kimia di dalamnya yang dapat menembus pembuluh darah dan berpotensi membahayakan janin.


Apa yang menjadi penyebabnya?

✨Hormon androgen

Hormon androgen, yang mencakup hormon pria seperti testosteron, terdapat dalam tubuh wanita dalam jumlah yang lebih sedikit. Selama kehamilan, terjadi peningkatan📈 jumlah hormon androgen dalam tubuh wanita. Peningkatan hormon ini memengaruhi pertumbuhan bulu, bahkan terkadang menyebabkan bulu tumbuh di area yang biasanya tidak banyak ditumbuhi bulu, seperti sekitar perut atau puting.

🔬Hormon estrogen

Selain itu, peningkatan hormon estrogen juga dapat memengaruhi siklus pertumbuhan rambut👩🏻‍🦱 dan bulu. Sebelum hamil, rambut wanita biasanya tumbuh sedikit di atas 1 cm setiap bulannya. Namun, selama kehamilan, hormon estrogen dapat menyebabkan rambut memasuki 'fase tidur' yang mengakibatkan rambut menjadi lebih tebal. Ibu hamil mungkin juga merasakan bulu di tubuhnya bertambah tebal yang disertai dengan perubahan warna dan tekstur.