post-title

Kapan Bayi Mulai Merangkak?

Setiap tahap perkembangan bayi selalu menjadi momen yang dinanti-nanti oleh orang tua salah satunya adalah ketika bayi mulai bisa merangkak. Setiap bayi tentu memiliki tahap pertumbuhannya masing-masing, namun ada rentang waktu umum yang bisa dijadikan acuan. 


Pada usia berapa bayi dapat merangkak?

🗓️Usia 6-10 bulan

Fase merangkak pada bayi umumnya terjadi antara usia 6-10 bulan. Dimulai dengan posisi menungging, bayi kemudian mulai mengoordinasikan lengan dan lututnya. Pada usia 6 hingga 7 bulan, bayi biasanya sudah mampu mengangkat badan dan pantat dengan tangan dan kaki🦶 sebagai penopang, dan ini adalah tanda mereka siap untuk merangkak. 

🕓Usia 8-10 bulan

Ketika mencapai usia 8-10 bulan, bayi biasanya sudah bisa merangkak sendiri. Untuk menjamin keamanan bayi selama fase ini, orang tua harus memastikan tidak ada barang berbahaya seperti gunting, kabel🔌, atau benda tajam lainnya di lantai.


Apa saja variasi gaya merangkak bayi?

🚼Gaya Bokong

Gaya ini adalah ketika bayi bergerak dengan menyeret bokongnya sambil memanfaatkan kekuatan lengan. 

🧸Gaya Beruang

Gaya merangkak ini seperti gaya pada umumnya namun bayi bertumpu pada telapak tangan✋ bukan pada lulutnya. 

🦀Gaya Kepiting

Gaya merangkak ini menyerupai cara kepiting bergerak secara miring. Bayi bergerak dengan satu kaki dalam posisi lurus dan kaki🦵 lainnya dalam posisi menekuk.

👶🏻Berguling

Berguling seringkali dianggap sebagai salah satu cara merangkak yang kurang dimengerti oleh banyak orangtua.


Bagaimana jika bayi telat merangkak?

👀Tanda-tanda jika bayi telat merangkak

Bayi yang tidak mampu menopang kepalanya sendiri, seringkali tampak pasif, tidak responsif, dan kurang antusias saat diajak bermain. Meskipun sudah berusia satu tahun, bayi mungkin tidak menunjukkan kemampuan untuk bergerak, seperti berguling, merayap🦎, atau merangkak. Selain itu, mungkin terdapat gerakan yang asimetris antara bagian tubuh kanan dan kiri, serta adanya gerakan tubuh yang tidak terkontrol.

🏥Perlukah ke dokter?

Jika orang tua sudah melihat tanda-tanda tersebut pada bayinya, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter👨‍⚕️ agar mengetahui faktor keterlambatannya serta cara mengatasinya.