post-title

Gigi Bumil Sensitif?

Ketika sedang mengandung, banyak perubahan fisiologis yang terjadi pada tubuh wanita, termasuk sensitivitas gigi yang meningkat. Oleh karena itu, pola makan selama kehamilan perlu lebih dijaga dan diperhatikan👀. 


Langkah efektif atasi gigi sensitif

🩺Melakukan pengecekan ke dokter gigi secara rutin

Penting untuk tidak mengabaikan rasa ngilu pada gigi yang berlangsung atau menjadi lebih parah. Sebaiknya, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter karena pada gigi terdapat banyak saraf yang apabila ada masalah dan tidak segera diatasi, dapat berdampak pada kesehatan janin👶🏻 dan ibu, meskipun efeknya mungkin tidak selalu terlihat secara langsung.

🪥Ingat, jangan menyikat gigi dengan kasar!

Penting untuk memahami teknik menyikat gigi yang benar karena jika terlalu kasar, dapat merusak gigi dan melukai gusi. Menyikat gigi terlalu keras⚡ tidak membuat gigi menjadi lebih bersih. Sebaliknya, tindakan tersebut dapat membuat lapisan enamel gigi menjadi terkikis sehingga gigi menjadi lebih sensitif.

🥣Mengontrol jenis makanan dan kecukupan air mineral

Jika anak mengalami sembelit yang berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, orang tua dapat mempertimbangkan untuk memberikan obat probiotik kepada anak, seperti Lactobacillus. Namun, penting juga untuk orang tua melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter👨‍⚕️ agar tindak penanganan dilakukan secara tepat. 

☝️Jangan malas menggosok gigi!

Menjaga kesehatan gigi dan mengatasi rasa sensitivitas gigi dapat dicapai dengan rutin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Selain itu, pemilihan pasta gigi juga penting dalam menjaga kesehatan gigi🦷. Untuk gigi yang sensitif, disarankan untuk memilih pasta gigi dengan kandungan mineral dan fluoride yang tinggi. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa ngilu yang sering terjadi pada gigi sensitif.


Kenali penyebab gigi ibu hamil menjadi lebih sensitif

🤢Mual dan muntah yang dialami wanita sebagai gejala kehamilan pada umumnya

Ketika wanita hamil sering mengalami mual dan muntah sebagai salah satu gejala kehamilan, asam lambung menjadi naik hingga mencapai mulut👄. Hal ini dapat berakibat pada erosi gigi dan mengikis lapisan dentin serta enamel. Dampaknya adalah risiko gigi berlubang dan sensitivitas gigi jadi meningkat.

👩🏻Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh wanita

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami peningkatan hormon sebagai mekanisme alami untuk mendukung kehamilan. Perubahan hormonal ini dapat menyebabkan perubahan pada tubuh wanita, salah satunya adalah meningkatnya sensitivitas gigi. Hal ini terjadi karena aliran darah ke gusi meningkat, sementara sensitivitas tubuh terhadap bakteri🦠 penyebab infeksi gusi menurun. Akibatnya, wanita hamil memiliki risiko lebih tinggi mengalami peradangan pada gusi.