post-title

Hamil tapi Berat Badan Susah Naik

Selama masa kehamilan, berat badan cenderung bertambah sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan janin. Sangat penting untuk mengawasi🔍 pertambahan berat badan karena jika berat badan sulit meningkat atau meningkat drastis, berpotensi dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin.


Berat badan ideal saat hamil

📝Kenaikan berat badan yang wajar pada wanita hamil

Kenaikan berat badan yang normal selama kehamilan biasanya berkisar antara 11 hingga 16 kilogram. Biasanya, ini dimulai dengan penambahan sekitar 2 hingga 4 kilogram pada trimester awal kehamilan, diikuti dengan peningkatan berat badan sekitar 0,5 hingga 1,5 kilogram setiap minggu setelahnya.

❓Bagaimana cara menjaga berat badan yang ideal saat hamil?

Berat badan yang ideal selama kehamilan dapat dijaga melalui pola makan sehat, seperti buah-buahan🍎 dan sayuran. Ibu hamil juga dianjurkan untuk makan lebih sering, sekitar 5-6 kali sehari, dengan porsi yang lebih kecil. Lengkapi pula gizi ibu hamil dengan susu sebagai sumber kalsium dan vitamin prenatal untuk kesehatan ibu dan janin.


Mengapa berat badan ibu hamil sulit naik?

🧬Faktor keturunan

Tingkat kesulitan dalam kenaikan berat badan selama kehamilan dapat disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Jika seorang ibu hamil memiliki daya metabolisme tubuh yang sangat cepat, maka berat badan dapat mengalami kesulitan untuk meningkat🚀.

💖Ibu hamil lebih mudah mengalami gangguan emosional

Nafsu makan🍽️ selama kehamilan juga dipengaruhi oleh faktor emosional. Apalagi, ibu hamil seringkali mengalami stres yang dipicu oleh perubahan fisiknya serta fluktuasi hormon yang memengaruhi persepsi diri.

🐟Kekurangan gizi

Defisiensi gizi tidak selalu berkaitan dengan jumlah makanan yang dikonsumsi, melainkan lebih kepada ketidakseimbangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan kesulitan dalam peningkatan berat badan⚖️ ibu hamil sehingga penting untuk memantau jenis makanan yang dikonsumsi guna memastikan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

🤢Ibu hamil mengalami gejala kehamilan mual dan muntah

Gejala umum yang sering dihadapi oleh wanita hamil adalah mual dan muntah yang muncul akibat perubahan hormon dalam tubuh. Walaupun gejala ini kerap terjadi, tetapi ketika mual dan muntah berlangsung berlebihan, dapat mengurangi nafsu makan ibu hamil dan berpotensi menyebabkan dehidrasi, yang berisiko membahayakan☁️ kesehatan janin.