post-title

Garis Linea Nigra pada Bumil

Memasuki trisemester kedua kehamilan, banyak ibu hamil yang mulai mengalami kemunculan garis gelap yang melintang di perutnya. Tanda ini disebut dengan Garis Linea Nigra. Garis ini membuat ibu hamil sering bertanya-tanya☝🏻 dan ingin mengetahui mengapa hal ini dapat terjadi. 


Fakta menarik seputar Garis Linea Nigra

🙋‍♀️Apa yang dimaksud dengan Garis Linea Nigra?

Garis Linea Nigra adalah salah satu tanda hamil yang biasa muncul pada trimester kedua. Garis ini berwarna gelap yang memanjang dari pusar menuju area kemaluan yang memiliki lebar kira-kira antara 0,6-1,3 cm.

❓Mengapa garis ini muncul?

Garis ini muncul karena adanya perubahan hormon estrogen dan progesteron✨ yang dialami ibu hamil. Menurut DermNet Nz, hormon-hormon ini yang merangsang sel-sel melanosit untuk meningkatkan produksi melanin, yaitu pigmen yang bertanggung jawab atas penggelapan warna kulit. Efek dari peningkatan melanin ini tidak hanya terbatas pada kulit secara umum tapi juga khususnya menyebabkan area sekitar puting susu atau areola menjadi lebih gelap.

🔮Bisakah garis ini mempredikasi jenis kelamin bayi?

Dikatakan bahwa jika garis linea berada pada pusar hingga tulang kemaluan, ibu akan melahirkan bayi perempuan, sedangkan jika garis ini membentang dari pusar hingga ke bawah tulang rusuk, ibu akan memiliki bayi laki-laki👦. Namun, ini ternyata hanya mitos belaka karena garis linea tidak dapat menentukan jenis kelamin bayi.

💁‍♀️Wajarkah jika garis linea nigra tidak muncul saat hamil?

Perlu dipahami bahwa tidak adanya garis hitam ini saat hamil tidak mengindikasikan adanya masalah atau komplikasi⚠️ dalam tubuh Anda. Kemunculan atau ketiadaan garis hitam ini hanyalah hasil dari bagaimana tubuh ibu hamil merespons perubahan hormon tertentu selama masa kehamilan.


Perlukah perawatan khusus?

☀️Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Ibu hamil sebaiknya menghindari paparan sinar matahari secara langsung untuk mengurangi risiko garis ini berubah warna menjadi lebih gelap.

📌Memudar setelah hamil

Ibu tidak perlu cemas karena garis ini akan perlahan menghilang secara alami dalam waktu sekitar 3 bulan🗓️ setelah proses kelahiran.

🥜Mengonsumsi makanan tinggi akan kandungan asam folat

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam folat seperti kacang-kacangan, sayur hijau, roti gandum🍞 dapat membantu menyamarkan kemunculan garis linea nigra.