post-title

Bumil Boleh Makan Keju?

Ibu yang sedang mengandung perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi untuk kebutuhan janin dan ibu sendiri. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa ibu hamil juga memiliki pantangan makanan agar terhindar dari segala risiko⚠️ yang ditimbulkan dari makanan tersebut. Bagaimana dengan keju? Apakah keju boleh dikonsumsi ibu hamil?


Keju bagi ibu hamil

📌Keju aman dikonsumsi saat hamil

Saat keju dibuat, bakteri berperan pada proses fermentasi. Akan tetapi, bakteri🦠 ini merupakan golongan bakteri baik dan justru menfanfaat bagi kesehatan si kecil dan ibu. 

📝Manfaat keju bagi ibu hamil

Keju dibuat dengan bahan utama susu yang memiliki banyak kandungan kalsium yang berfungsi untuk tumbuh kembang tulang🦴 janin dan pencegahan osteoporosis bagi ibu. Sehingga, ibu hamil yang ingin mengonsumsi keju tidak perlu mengkhawatirkannya karena keju memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


Namun, tidak semua keju boleh dikonsumsi!

🧀Tekstur keju tidak padat

Keju memiliki banyak jenis dan macamnya. Menurut Assiut Veterinary Medical Journal, keju dengan tekstur lunak seperti cottage cheese, cream cheese, feta, quark, camembert berisiko tercampur dengan bakteri jahat🔬 contohnya bakteri salmonella karena keju lunak lebih banyak mengandung air yang menjadi tempat yang lebih mudah terkontaminasi bakteri.

🐄Keju dari susu mentah

Pada dasarnya, keju memang terbuat dari susu. Namun, keju yang dibuat dari susu yang tidak matang dapat membahayakan janin dan ibu hamil karena bakteri jahat dapat tumbuh pada susu🥛 mentah tersebut. Keju dari susu mentah dapat menimbulkan risiko infeksi bakteri.


Apa saja risiko keju untuk ibu hamil?

🩺Penyakit Salmonellosis

Penyakit ini timbul karena adanya kontaminasi bakteri Salmonella pada keju yang dikonsumsi. Pada ibu hamil yang terkena penyakit ini biasanya akan mengalami gejala seperti demam, diare, mual🤢, dan muntah. Risiko pada janin yaitu mengidap meningitis, pertumbuhan terganggu, dan lahir dengan berat badan rendah.

☁️Bayi cacat atau keguguran

Janin yang telah terinfeksi oleh bakteri jahat juga dapat menimbulkan risiko pada ibu hamil seperti mengalami keguguran dan bayi lahir dengan kondisi cacat. Hal ini disebabkan karena saat terinfeksi bakteri, maka obat untuk penyembuhannya yaitu obat antibiotik💊 yang dapat memicu bayi lahir cacat.


Pemilihan keju untuk ibu hamil!

♨️Susu yang sudah matang dan keju keras

Sudah kita ketahui dari penjelasan sebelumnya bahwa susu mentah dan keju yang sangat lunak cenderung berisiko terkontaminasi bakteri. Oleh sebab itu, pilihlah keju dari susu yang telah diolah dengan suhu tinggi🌡️ agar bakteri jahat mati saat proses pembuatannya. Selain itu, pilih juga keju yang keras dan tidak lunak seperti mozarella, parmesan, dan cheddar.

🔍Perhatikan kemasan

Saat membeli keju, pastikan untuk membaca👀 keterangan yang tertulis pada kemasan apakah keju tersebut aman untuk dikonsumsi ibu hamil atau tidak, karena biasanya keju kemasan telah diuji oleh lembaga pengawasan makanan.