post-title

Bumil Mengejan saat BAB?

Ibu yang sedang mengandung biasanya dapat memiliki berbagai masalah kesehatan, salah satunya sembelit. Saat sembelit🚽, ibu hamil harus lebih berusaha untuk mengeluarkan feses saat buang air besar dengan mengejan. Saat hamil, apakah mengejan aman bagi kandungan? 


Mengejan dengan aman saat hamil

👶Perlindungan janin

Tekanan saat mengejan dapat berisiko menekan janin di dalam kandungan. Sebisa mungkin kurangi tekanan saat mengejan. Hal ini menjadi salah satu cara untuk melindungi buah hati agar tidak terjadi hal-hal yang berisiko☁️ pada ibu dan janin.

🌬️Mengatur pernapasan

Saat BAB, usahakan untuk mengatur pernapasan saat mengejan agar tidak terasa melelahkan dan tubuh menjadi lemas. Lakukan pengaturan pernapasan dengan cara bernapas menggunakan hidung👃 dan mengeluarkannya secara perlahan melalui mulut.

🙅🏻‍♀️Tidak mengejan sekuat tenaga

Disarankan bagi ibu hamil yang ingin melakukan buang air besar untuk tidak mengejan sekuat tenaga karena berisiko pada kandungan yang dapat ikut mengalami tekanan dari dalam perut. Selain itu, alangkah baiknya jika ibu tidak mengejan saat buang air besar🧻 agar tidak terkena wasir.


Kelancaran buang air besar

📌Tidak menunda buang air besar

Salah satu faktor sembelit yakni sering menunda buang air besar. Akan tetapi, hal ini tidak disarankan karena jika telah terkena sembelit, maka ibu akan merasa kesulitan untuk buang air besar dan merasa harus mengejan dengan kuat. Penting untuk segera buang air besar saat perut terasa sakit⚡. 

🥬Mengonsumsi makanan berserat

Agar pencernaan lancar, maka ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Jika buang air besar lancar dan rutin, maka ibu hamil tidak perlu kesusahan untuk mengejan dan bahkan tidak perlu untuk mengejan. Contoh makanan tinggi serat yaitu buah-buahan🍏 dan sayur-sayuran.

🚶🏻‍♀️Olahraga

Olahraga sangat baik untuk dilakukan semua orang termasuk ibu hamil. Olahraga saat hamil tidak hanya membuat tubuh bugar, namun juga menjaga kesehatan tubuh, salah satunya terhindar dari sembelit. Olahraga dapat melancarkan pencernaan ibu hamil. Namun perlu diperhatikan bahwa ibu hamil hendaknya berolahraga dengan ringan🧘🏻‍♀️.