post-title

Si Kecil Jatuh dan Berdarah?

Anak yang tumbuh aktif adalah salah satu kebanggan orang tua. Saat anak aktif, ia akan berlari🏃‍♀️ atau berjalan ke segala arah. Akan tetapi, anak yang masih belum memiliki keseimbangan tubuh yang baik bisa terjatuh dan terluka saat sedang bermain. Oleh karena itu, orang tua wajib untuk tanggap dalam memberikan pertolongan pada anak jika hal tersebut terjadi.


Apa pertolongan pertama untuk anak yang terluka?

🩹Anak berdarah

Jika anak mengalami pendarahan setelah terjatuh atau terbentur, tindakan yang dapat diambil oleh orang tua adalah berupaya menghentikan perdarahan🩸 dari luka dengan menggunakan kain steril. Jika anak mengalami rasa sakit atau nyeri, dapat diberikan ibuprofen atau acetaminophen jika dianggap perlu.

📌Benjol dan memar

Saat anak terjatuh maupun terbentur dan menyebabkan benjolan di tubuh, sebaiknya orang tua segera kompres benjolan tersebut dengan es🧊. Hal yang sama dilakukan jika bagian tubuh anak ada yang memar.

🔍Periksa tubuh anak

Sesaat setelah anak terjatuh atau terbentur, periksa seluruh tubuh anak untuk memastikan terdapat luka atau tidak. Jangan lupa untuk menenangkan hati💖 anak yang baru saja terjatuh agar anak tidak terkejut dengan hal yang baru saja terjadi. 

👀Mengawasi anak

Berikan waktu untuk anak beristirahat dan awasi anak selama 24 jam🕘 untuk mencermati kondisi anak jika ada hal yang tidak biasa terjadi pada si kecil.


Segera bawa ke rumah sakit jika anak alami cedera parah

😢Anak menangis terus menerus

Jika anak tidak berhenti menangis dan terus-menerus muntah, segeralah bawa anak ke dokter untuk diperiksa. Selain itu, meskipun anak tidak menangis, jika terjadi keluarnya cairan bening dari hidung atau telinga👂, orang tua perlu waspada dan segera membawa anak ke rumah sakit.

🛝Jatuh dari ketinggian

Jika anak terjatuh dari ketinggian beberapa kali dan menunjukkan gejala kebingungan, segera bawa anak ke rumah sakit. Selain itu, kehilangan ingatan🧠 atau penglihatan pada anak juga merupakan alasan yang cukup serius untuk membawa mereka langsung ke rumah sakit.


Bagaimana dengan luka lainnya?

✨Pendarahan

Ketika terjadi pendarahan, tekanlah bagian yang terluka tersebut menggunakan kain bersih dan tahan selama sekitar 10 menit. Hindari mengikat luka terlalu erat untuk memastikan sirkulasi darah tetap optimal. Jika pendarahan berlangsung dengan intensitas tinggi, segeralah bawa si kecil ke rumah sakit🏥 untuk mendapatkan bantuan medis dari dokter.

🧷Tertancap benda tajam

Jika anak terluka akibat tertusuk benda tajam seperti kaca, disarankan bagi orang tua untuk membantu mengeluarkan pecahan dengan menekannya di sekitar luka dan membuka bagian atas lukanya untuk mengeluarkan serpihan tersebut. Jika anak mengalami rasa sakit⚡ yang sangat hebat atau terdapat tanda infeksi, segeralah bawa anak ke rumah sakit.