post-title

Bumil Boleh makan Yogurt?

Yogurt merupakan salah satu makanan hasil olahan susu🥛 yang disenangi banyak orang, tidak terkecuali ibu hamil. Namun, seperti yang sudah diketahui bahwa ibu hamil banyak memiliki pantangan untuk mengonsumsi makanan demi menjaga kesehatan bayi dan ibunya. Bagaimana dengan yogurt? Apakah yogurt aman dikonsumsi saat hamil?


Bumil aman mengonsumsi yogurt

📌Yogurt tinggi kalsium

Berdasarkan informasi dari John Hopkins Medicine, yogurt kaya akan kalsium. Kandungan kalsium ini bermanfaat untuk mendukung fungsi jantung, pertumbuhan gigi🦷, dan tulang. Bagi janin, asupan kalsium dari yogurt juga memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan otot janin. Oleh karena itu, yogurt dapat dianggap sebagai pilihan makanan yang sehat karena memberikan berbagai manfaat tersebut.

🦴Yogurt dapat mencegah pengeroposan tulang

Ibu hamil yang tidak memenuhi kebutuhan kalsiumnya dalam kehidupan sehari-hari🌥️ akan menyebabkan tubuh mengambil sumber kalsium dari tulang. Jika kondisi ini berlanjut, kadar kalsium dalam tulang akan semakin menurun, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerapuhan tulang.

🍓Protein pada yogurt

Tak hanya kalsium, protein juga terkandung dalam yogurt. Protein ini berperan baik dalam penyusunan jaringan tubuh pada si kecil di dalam perut ibu hamil. Selain itu, probiotik di dalam yogurt juga berperan sangat baik sebagai pelancar pencernaan🛝 selama masa kehamilan. 


Apa saja manfaat yogurt jika dikonsumsi saat hamil?

🍬Mengurangi risiko diabetes

Yogurt mengandung gula yang rendah. Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi yogurt dengan kandungan gula yang rendah atau yogurt tawar. Jika dalam satu minggu ibu hamil mengonsumsi yoghurt lebih dari satu kali, risiko☁️ diabetes gestasional dapat berkurang. Tak hanya itu, yogurt juga berglikemik rendah sehingga hal ini baik untuk pengontrolan kenaikan gula darah.

👶Menjaga kesehatan tulang dan sel tubuh pada janin

Kalsium yang terkandung dalam yogurt memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang bagi ibu hamil dan janin. Protein yang terdapat dalam yogurt juga memberikan manfaat dalam pembangunan sel🧬 tubuh janin. Selain itu, pertumbuhan kuku, rambut, dan bagian tubuh janin lainnya juga akan berkembang dengan baik.

✔️Pencernaan sehat

Yogurt mengandung bakteri🦠 baik atau yang sering disebut dengan probiotik. Bakteri ini bermanfaat untuk menjaga pencernaan ibu hamil dan baik untuk penyerapan makanan karena kemampuan usus untuk bekerja semakin meningkat.