post-title

Bumil Mandi di Malam Hari? Bahayakah?

Apakah Anda sering mandi pada malam hari? Sebagai ibu yang sedang mengandung, tak jarang banyak larangan yang harus diperhatikan oleh ibu hamil, salah satunya mandi di malam hari. Banyak yang beropini bahwa mandi pada malam hari harus dihindari karena bisa mengganggu kesehatan ibu dan janin👶. Apakah hal tersebut benar? Mari kita simak lebih lanjut.


Perhatikan waktu yang tepat untuk mandi

🕘Tidak ada waktu yang pasti

Waktu atau jam mandi bagi ibu hamil tidak memiliki waktu yang pasti. Ibu hamil dapat mandi kapan saja, baik sore maupun malam hari. Akan tetapi, disarankan agar tidak mandi pada waktu yang dapat memicu risiko penyakit tertentu, seperti badan menjadi menggigil jika mandi terlalu pagi🌞 atau pada larut malam.

🚿Mandi pagi dan sore

Tidak hanya bagi ibu hamil, disarankan agar mandi tidak dilakukan terlalu awal, lebih baik setelah pukul 5 pagi, sedangkan untuk mandi sore dapat dilakukan pada sore hari dan sebaiknya tidak dilakukan saat larut malam karena air semakin dingin🧊 saat malam hari.


Adakah aturan mandi bagi ibu hamil?

♨️Menggunakan air hangat


Bicarakan tentang kehamilan Anda dengan dokter, dan jika mendapatkan persetujuan dari dokter, mandi dengan air hangat bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh dan mengurangi tingkat stres. Selain itu, air hangat juga berkontribusi pada kelancaran aliran darah untuk membantu ibu hamil merasa lebih nyaman. Akan tetapi, perlu dipastikan bahwa suhu air mandi tidak melebihi 37,8 derajat Celsius🌡️.

🙅‍♀️Hindari mandi malam jika sering sakit

Jika Anda termasuk orang yang mudah terserang flu atau lainnya, sebaiknya hindari mandi pada malam hari🌙. Hal ini dilakukan demi menjaga kekebalan tubuh agar badan ibu hamil tidak mudah sakit.


Tips mandi malam untuk ibu hamil

🧂Siapkan termometer dan garam epsom

Ibu hamil harus tetap menjaga dan memperhatikan suhu air agar tidak terlalu panas. Suhu yang disarankan adalah 37-37,8 derajat celsius. Jika tubuh kepanasan, maka ibu dapat merasa mual dan ingin pingsan. Tak lupa siapkan garam epsom yang berguna untuk merilekskan dan mengurangi nyeri⚡ pada tubuh.

🛀Berendam air hangat

Saat sedang berendam, sebaiknya ibu hamil menghindari menambahkan busa atau minyak karena dapat meningkatkan risiko infeksi🦠 pada vagina akibat bahan-bahan dari produk tersebut. Sebagai alternatif, Anda bisa memasang diffuser yang memiliki aroma nikmat agar semakin nyaman dan tidak berbahaya bagi kesehatan.