post-title

Gusi Bengkak saat Menyusui?

Pada masa-masa menyusui🍼, ibu rentan mengalami pembengkakan pada gusi. Kondisi ini dapat membuat ibu merasa tidak nyaman. Apa saja faktor penyebabnya? Dan bagaimana tips mengobatinya? 


Apa saja penyebabnya?

🍲Makanan terselip di gigi

Pembengkakan gusi dapat terjadi karena sisa makanan yang terjebak di antara gigi, memungkinkan pertumbuhan bakteri🦠. Hal ini memicu respons tubuh untuk melawan infeksi, sering kali menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada gusi.

✨Terjadi perubahan hormon

Wanita yang sedang hamil, menstruasi, menyusui, atau baru saja melahirkan sering mengalami pembengkakan pada gusi. Perubahan hormon selama fase-fase ini dapat meningkatkan aliran darah ke gusi👄 yang mungkin menyebabkan iritasi dan pembengkakan. Selain itu, perubahan hormon ini juga dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi pada gusi yang disebabkan oleh bakteri.

🦷Plak yang menumpuk

Penumpukan plak pada gusi dan gigi adalah penyebab utama pembengkakan gusi dan gingivitis. Plak terbentuk dari sisa makanan, bakteri, dan substansi lain yang tidak dibersihkan dengan baik sehingga menumpuk pada gigi dan gusi. Terkadang, penumpukan plak tidak terdeteksi dan jika tidak diatasi, dapat mengeras menjadi karang gigi yang menyebabkan peradangan dan ketidaknyamanan pada gusi.

🚬Merokok

Merokok juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pembengkakan gusi. Racun dalam rokok tidak hanya meningkatkan risiko infeksi gusi dan gigi, tetapi juga dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri penyebab penyakit gusi. Selain itu, perokok aktif cenderung lebih rentan terhadap penyakit gusi karena rokok dapat menghambat sistem kekebalan tubuh💪 dan memperlambat proses penyembuhan gusi yang terinfeksi.

🍊Kurangnya vitamin

Kekurangan vitamin C dan B juga berkontribusi pada pembengkakan gusi. Vitamin C penting untuk memelihara dan memperbaiki jaringan gusi, sedangkan vitamin B mendukung pertumbuhan sel dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk gusi. Tanpa cukup vitamin C dan B, risiko mengalami pembengkakan gusi dan sariawan meningkat🚀.


Bagaimana cara mengobatinya?

🪥Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Untuk mengatasi gusi bengkak, penting untuk rutin menjaga kebersihan🫧 gigi dan mulut, termasuk menyikat gigi, secara teratur menghilangkan karang gigi, dan membersihkan celah-celah gigi.

🥬Perbanyak sayur dan buah

Memastikan asupan buah dan sayur yang kaya akan nutrisi seperti magnesium, kalium, vitamin C, fosfor, seng, dan kalsium🦴 sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

🧂Kumur air garam

Menggunakan air🥛 garam atau obat kumur sebagai cara untuk menjaga kebersihan mulut dan mengatasi rasa sakit dari gusi yang membengkak.