post-title

Menyuapi Bayi Ada Tekniknya!

Mengasuh bayi bukan hanya memberikan kasih sayang dan perhatian, tetapi juga memahami teknik yang tepat dalam setiap aspeknya, termasuk saat menyuapi mereka. Bagaimana teknik menyuapi bayi👶🏻 yang tepat? 


Langkah-langkah menyuapi bayi

🥄Hal yang dilakukan untuk persiapan makan bayi

Sebelum menyuapi bayi, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan bersih dan siapkan peralatan makan seperti sendok bayi yang aman, piring kecil, mangkuk🥣, dan makanan yang sesuai dengan usia bayi. Sediakan juga kain lembut atau tisu basah untuk membersihkan bayi dan bib untuk menjaga pakaian agar tetap bersih.

📍Posisikan bayi dengan tepat

Saat menyuapi bayi, penting untuk mengatur tempat duduk yang nyaman dan aman untuk mereka. Anda dapat memilih menggunakan kursi🪑 bayi yang dirancang khusus atau memegang bayi di pangkuan dengan kepala yang sedikit terangkat. Posisi kepala yang terangkat ini sangat penting untuk menghindari risiko bayi tersedak.

👄Mendekatkan sendok ke mulut bayi 

Pakailah sendok bayi yang lembut dan aman, kemudian dekatkan sendok ke mulut bayi secara perlahan. Untuk merangsang bayi membuka mulut atau mengunyah, sentuh bibir bawahnya dengan ujung sendok atau jari👉 Anda secara lembut. Ketika bayi membuka mulut, masukkan sendok secara perlahan dan jangan terlalu dalam. Pastikan makanan dapat masuk ke dalam mulut bayi secara perlahan dan tanpa tergesa-gesa.

👀Perhatikan bayi 

Amati bagaimana bayi mengunyah dan menelan setelah suapan pertama. Jika bayi tampak kesulitan atau berisiko tersedak, hentikan pemberian makan dan bantu mereka dengan hati-hati. Jika mereka menolak atau tampak tidak tertarik, hindari memaksa bayi untuk makan🍲 karena ini dapat menimbulkan persepsi negatif terhadap makanan.

🕒Pilih waktu yang tepat 

Pilih waktu yang tepat🗓️ bagi bayi untuk makan, yang disarankan adalah saat mereka merasa lapar dan tenang. Sesuaikan dengan jadwal makan bayi dan berikan makanan saat mereka menunjukkan tanda-tanda ingin makan, seperti mengunyah, mencari puting, atau tertarik pada makanan. Menurut Kids Health, hindari memberi makan ketika bayi sangat lapar atau lelah karena hal ini dapat membuat mereka menjadi lebih rewel.


Kapan saat yang ideal untuk memberikan makanan pertama pada bayi?

☝️Pastikan bayi sudah siap untuk mengonsumsi makanan selain ASI 

Tanda🔍 jika bayi sudah siap untuk mengonsumsi makanan selian ASI adalah ketika mereka sudah bisa duduk dengan bantuan dan mampu menegakkan kepalanya sendiri.

📌Usia 6 bulan

Saat bayi berusia 6 bulan dan sudah siap untuk makan, mereka sering kali terlihat tertarik pada orang yang sedang makan dan mencoba meraih🫳 makanan di sekitar mereka.