post-title

Depresi Pasca Persalinan Tak Kunjung Hilang?

Depresi😞 pasca persalinan adalah masalah emosional serius yang bisa berpengaruh lama pada ibu baru. Penting untuk segera menangani depresi ini agar tidak berlarut-larut. Apa saja langkah yang dapat diambil untuk mengatasinya?


Ketahui lebih dalam mengenai depresi pasca melahirkan

💭Apa yang dimaksud dengan postpartum depression?

Postpartum depression, yang umumnya dialami wanita pasca-persalinan, sering ditandai dengan gejala seperti perasaan sedih yang mendalam, rasa putus asa, mudah marah, keengganan untuk keluar rumah🏠, kesulitan tidur di malam hari, dan berkurangnya nafsu makan.

🙋Apa saja gejalanya?

Gejala depresi pasca melahirkan bisa berlangsung selama 1 hingga 3 minggu dan dalam beberapa kasus, berlanjut hingga setahun setelah melahirkan. Terdapat beberapa faktor yang mungkin menyebabkan depresi, yaitu kelelahan, perubahan hormon setelah melahirkan, emosi yang tidak stabil, riwayat depresi sebelumnya, serta kondisi lingkungan sekitar.


Bagaimana cara mengatasinya?

🧹Membantu dalam pekerjaan rumah

Ibu dapat diberikan bantuan dalam menangani tugas-tugas rumah untuk mengurangi beban, seperti membersihkan halaman, mencuci piring🫧, dan mengganti popok bayi. Dukungan ini dapat membantu ibu lebih rileks setelah melahirkan yang berpotensi mencegah atau mengatasi depresi postpartum.

👩‍❤️‍👨Berkomunikasi dengan pasangan 

Berikan kesempatan kepada ibu untuk berbicara dengan tenang dan menyampaikan segala keluhan dan perasaannya💖, terutama pada pasangan.

⏳Waktu istirahat yang cukup

Pastikan ibu memiliki waktu istirahat yang cukup. Istirahat🛏️ yang cukup setelah melahirkan dapat membantu memulihkan energi dan memperbaiki mood

🍷Hindari asap rokok dan alkohol

Sebagai seorang suami, penting untuk menjaga istri agar tidak terpapar asap rokok🚬 atau alkohol karena hal ini bisa memperburuk perubahan suasana hati dan meningkatkan risiko depresi.

🩺Konsultasi dengan dokter atau psikiater

Jika depresi tidak kunjung membaik, konsultasi dengan dokter atau psikiater dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan pengobatan💊 antidepresan yang sesuai guna mengatasi depresi tersebut.