post-title

Tips Buat Bayi Tertawa!

Menyaksikan tawa lepas seorang bayi adalah momen yang membahagiakan dan tak terlupakan bagi setiap orang tua. Ada kalanya ketika orang tua berusaha keras untuk melucu, bayi justru tidak tertarik dan malah membuang muka. Bagaimana caranya supaya membuat bayi👶🏻 tertawa? 


Ketahui lebih dalam saat bayi tertawa 

💪Bayi yang dapat tertawa dengan mudah memiliki kesehatan yang baik?

Bayi yang suka tertawa tidak secara otomatis berarti mereka lebih sehat dan begitu pula kebalikannya. Namun, yang pasti adalah bayi akan cenderung tertawa lebih banyak ketika mereka dalam keadaan sehat, aman, dan nyaman💖.

☝️Mengapa bayi jarang tertawa?

Orang tua perlu mewaspadai jika bayi tak kunjung tertawa sampai di tahap usia tertentu, bayi ada kemungkinan mengalami gangguan saraf atau bisa juga mengalami gangguan pendengaran👂. 


Tips membuat bayi tertawa berdasarkan usianya

🌱Umur 3 bulan

Pada usia 3 bulan, bayi belum memahami humor. Tertawa mereka biasanya terjadi sebagai reaksi terhadap stimulasi fisik yang tiba-tiba, seperti ketika mereka digelitik di kaki🦶, perut, atau ketiak. Tertawa akan lebih mungkin terjadi jika orang tua menggelitik sambil tersenyum.

🌿Umur 6 bulan

Pada usia 6 bulan, bayi mulai menunjukkan tawa responsif terhadap sesuatu yang aneh atau baru bagi mereka, seperti ketika orang tua mereka membuat wajah lucu atau bermain cilukba🙈. Kemungkinan bayi tertawa menjadi lebih tinggi dengan keunikan cara orang tua membuat mereka terhibur.

🪴Umur 9 bulan

Pada usia ini, metode untuk membuat bayi tertawa serupa dengan saat mereka berumur 6 bulan, di mana mereka telah terbiasa dan menikmati kelakuan lucu dari orang lain. Salah satu strategi efektif💯 untuk membuat mereka tertawa adalah dengan terus mengulangi lelucon yang sama.

🌴Umur 12 bulan

Pada tahap ini, bayi mulai mencari sumber humor mereka sendiri. Meskipun demikian, suara yang unik, seperti suara hewan atau lagu-lagu🎶 lucu, masih dapat membuat mereka tertawa. Oleh karena itu, ini merupakan waktu yang tepat untuk memperkenalkan mereka pada lagu anak-anak yang menarik.

🗓️Umur 15 bulan

Pada usia ini, bayi berusaha memahami apa yang membuat orang lain tertawa. Mereka bahkan mungkin mencoba menggelitik🪶 orang di sekitarnya. Jika melihat orang lain tertawa, bayi akan merasakan kegembiraan yang sama dan akhirnya ikut tertawa bersama mereka.

📌Umur 18 bulan

Pada usia 18 bulan, bayi sering kali sengaja membuat kesalahan untuk membuat orang di sekitar mereka tertawa. Mereka merasa senang jika orang di sekitarnya menyadari kejadian itu dan tertawa😅 bersama. Selain itu, bayi juga menikmati ketika seseorang menggunakan benda tertentu, seperti bando atau topeng sebagai bagian dari lelucon.