post-title

Bayi juga bisa Stres!

Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami stress. Bayi yang masih sangat muda juga dapat mengalami stress. Apa saja tanda🔍 jika bayi stress? Apa yang harus dilakukan orang tua untuk menanganinya? 


Kenali tanda-tanda bayi mengalami stress

🥣Kebiasaan makan yang berubah

Stres bisa memengaruhi pola makan bayi. Bayi dapat makan berlebihan dan dapat juga kehilangan nafsu makan. Stres juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan, yang mungkin diperhatikan oleh ibu melalui tanda-tanda pencernaan yang terganggu⚡.

😭Sering menangis

Menangis merupakan reaksi umum dan awal dari bayi yang mengalami stres. Hal ini menjadi isyarat bagi ibu atau pengasuh bahwa bayi mungkin sedang tidak nyaman atau memerlukan sesuatu. Bayi yang stres sering kali menangis💧 lebih sering daripada biasanya. Jika terjadi tangisan yang tidak terkendali, penting bagi orang tua untuk mencari penyebab stres pada bayi.

🙊Tidak ekspresif

Bayi yang stres mungkin tampak kurang ekspresif dan kurang menunjukkan emosi daripada biasanya. Jika bayi menolak makan, ini bisa disebabkan oleh rasa takut atau stres, dan penting bagi ibu untuk juga mempertimbangkan penyebab lain seperti penyakit atau sembelit. Selama periode transisi dari menyusui ke makanan padat, beberapa bayi mungkin menolak🙅‍♀️ makanan baru dan lebih memilih untuk terus menyusui.


Mengapa bayi mengalami stress?


💖Kurang mendapat perhatian

Bayi bisa merasa stres dan menangis jika mereka tidak menerima cukup perhatian atau pengawasan dari orang tua atau pengasuh. Tingkat stres ini meningkat, terutama jika tidak ada yang merespon saat mereka menangis karena lapar atau saat popok mereka basah🌊.

📍Jauh dari orang tua

Bayi bisa merasa stres saat berada jauh dari orang tua atau pengasuhnya. Ketika mereka merasa terpisah, bayi cenderung menangis dan panik.

☁️Mengalami ketidaknyamanan fisik

Jika bayi mengalami sakit, seperti masalah pencernaan🛝, ini juga bisa menyebabkan mereka merasakan stres.

☘️Faktor lingkungan sekitar

Bayi sering merasa stres saat dihadapkan pada lingkungan baru🏡, terutama bila mereka tidak ditemani oleh ibu atau pengasuh. Suara yang keras dan tidak dikenal juga dapat menjadi memicu stres pada bayi. Jika terjadi pertengkaran antara saudara, orang tua, atau anggota keluarga lain, ini dapat membuat bayi menjadi stres yang sering kali ditunjukkan melalui tangisan ketika pertengkaran terjadi.


Bagaimana cara menenangkannya?

 

🪴Membuat suasana lingkungan yang nyaman

Ibu bisa mencoba membungkus bayi dengan selimut lembut dan menggendongnya untuk berjalan-jalan di sekitar rumah🤱🏻, atau berinteraksi dengan saudara kandung dan hewan peliharaan.

👀Mengetahui kondisi bayi

Sebaiknya segera atasi penyebab ketidaknyamanan yang dirasakan bayi dengan mengganti popok bayi yang basah atau kotor dan memberi mereka makan atau dot🍼 untuk menenangkan bayi.