post-title

Kulit Kusam sesudah Melahirkan?

Setelah melahirkan, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh seorang ibu dan salah satunya adalah perubahan pada kulit wajah. Kulit yang sebelumnya bersinar🌟 dan sehat dapat mengalami kondisi yang berbeda setelah melahirkan, seringkali menjadi kusam. Ini adalah masalah umum yang banyak dialami oleh ibu-ibu baru.


Apa faktor penyebab kulit menjadi kusam pasca melahirkan ?

✨Perubahan hormon

Selama kehamilan, tingkat hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh meningkat secara signifikan yang mengakibatkan peningkatan kadar garam🧂 dan cairan dalam kulit. Namun, setelah melahirkan, kadar garam dan air dalam tubuh cenderung menurun, menyebabkan kulit tampak kurang segar dan kusam.

👶Sibuk merawat bayi

Ketika seorang ibu baru saja melahirkan, ia akan sibuk merawat bayinya dan sering kali tidak memiliki banyak waktu untuk merawat dirinya sendiri,


Bagaimana cara mengatasi kulit kusam?

🧼Tidak menggunakan sabun yang membuat kulit menjadi kering

Disarankan agar ibu menggunakan sabun cuci muka🫧 yang tidak menyebabkan kulit menjadi kering, karena hal ini dapat memperburuk kondisi kulit.

🧴Menggunakan krim wajah yang mengandung vitamin A,C, dan E

Penggunaan krim wajah yang mengandung vitamin A, C🍊, dan E dapat meningkatkan kelembaban dan kekenyalan kulit. Disarankan bagi ibu untuk mengaplikasikannya dengan melakukan pemijatan lembut agar krim meresap, dan idealnya digunakan dua kali sehari.

📌Memakai kosmetik dengan kandungan SPF

Sebaiknya ibu tidak lupa untuk selalu menggunakan sunblock atau krim dengan minimal SPF 15 saat beraktivitas di bawah sinar matahari🌞 yang terik. SPF akan membantu melindungi kulit wajah dari efek buruk seperti penggelapan kulit dan bercak hitam dengan menghalangi sinar ultraviolet dari matahari.

🙅‍♀️Tidak menggunakan produk kecantikan yang mengandung alkohol

Kandungan alkohol dalam kosmetik dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, sebaiknya ibu menghindari penggunaan kosmetik yang mengandung alkohol. Terutama jika ibu memiliki jenis kulit sensitif⚠️, kandungan alkohol juga dapat memicu jerawat dan masalah kulit lainnya.

🌊Mengonsumsi air putih, sayuran dan buah yang banyak

Selain menggunakan kosmetik dan krim, ibu juga perlu memperhatikan pola makan agar dapat memulihkan kulit wajah. Ini dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan buah-buahan dan sayuran, serta minum minimal 2 liter air putih🥛 setiap hari untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam.

✔️Memakai masker wajah

Menggunakan masker wajah dapat membantu dalam eksfoliasi kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Ibu dapat dengan mudah membuat masker sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia. Beberapa bahan dasar masker yang dapat digunakan meliputi ketimun, pepaya, tomat🍅, putih telur, jeruk nipis, dan nanas.