post-title

Vagina Kering sesudah Melahirkan?

Perubahan yang terjadi pada organ intim wanita setelah melahirkan sering kali menimbulkan kecemasan, terutama jika disertai dengan rasa sakit. Biasanya, setelah melahirkan, wanita sering merasakan bagian organ intimnya menjadi lebih lebar, kering, dan nyeri⚡.


Mengenali perubahan kondisi vagina pasca melahirkan

🙋‍♀️Wajarkah vagina menjadi kering setelah melahirkan?

Wanita yang baru saja melahirkan sebetulnya tidak perlu cemas jika merasakan kekeringan pada organ intimnya karena hal tersebut merupakan suatu kondisi yang terjadi secara alami🌱 dan akan segera kembali ke kondisi normal setelah wanita sudah tidak lagi dalam masa menyusui.

📝Faktor penyebab vagina menjadi kering setelah melahirkan

Penurunan kadar hormon estrogen dalam tubuh, terutama pada wanita yang sedang dalam fase menyusui🤱, merupakan faktor penyebab terjadinya kekeringan pada vagina setelah melahirkan.


Solusi efektif atasi kondisi vagina yang menjadi kering pasca melahirkan

🙅‍♀️Hindari penggunaan sabun khusus vagina

Tidak perlu menggunakan sabun khusus untuk daerah vagina karena sabun tersebut mengandung bahan kimia yang berpotensi menyebabkan infeksi pada vagina. Cukup gunakan air hangat dan sabun🧼 tanpa pewangi untuk menjaga kebersihan daerah tersebut.

☝️Pentingnya vitamin dan hidrasi dengan minum air mineral yang cukup

Mengonsumsi cukup air🌊, sekitar 8-10 gelas setiap hari, memiliki manfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hal ini dapat membantu mengurangi kekeringan vagina dengan meningkatkan aliran darah di sekitar area tersebut. Selain itu, wanita juga disarankan untuk menjaga kelengkapan nutrisi dengan mengonsumsi vitamin, seperti vitamin A, E, dan B kompleks.

🥣Perbanyak asupan makanan yang tinggi kadar asam lemak

Makanan yang kaya akan asam lemak dapat berperan sebagai pelumas vagina secara alami. Contoh makanan tersebut mencakup tuna🐟, biji wijen, salmon, dan biji matahari. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung isoflavon juga disarankan karena zat ini dapat memengaruhi produksi hormon estrogen dalam tubuh.

🧴Gunakan pelumas untuk mengurangi rasa sakit saat berhubungan intim

Berhubungan seksual ketika vagina mengalami kekeringan dapat meningkatkan risiko terjadinya rasa sakit hingga pendarahan. Oleh karena itu, disarankan bagi pasangan untuk menggunakan pelumas guna mengurangi ketidaknyamanan saat berhubungan intim👩‍❤️‍👨.