post-title

Sendi Nyeri Pasca Melahirkan

Dalam perjalanan kehamilan dan melahirkan, tubuh seorang wanita mengalami banyak perubahan, termasuk perubahan yang berpotensi menimbulkan nyeri sendi setelah persalinan. Apa saja faktor penyebab rasa nyeri pada sendi? Bagaimana cara mengatasinya💡? 


Apa saja penyebabnya?

✨Perubahan hormon

Selama kehamilan dan proses melahirkan, tubuh memproduksi hormon-hormon yang membuat ligamen menjadi rileks🌬️ sehingga memungkinkan Ibu menanggung berat bayi dan melahirkan dengan lancar. Namun, setelah melahirkan, ligamen ini memerlukan waktu untuk kembali ke kondisi normal mereka yang bisa menyebabkan nyeri sendi.

⚖️Perubahan berat badan  

Sebagian besar Ibu mengalami nyeri sendi pasca melahirkan karena peningkatan🚀 berat badan selama kehamilan. Seiring dengan bertambahnya berat bayi dalam kandungan, tubuh berusaha menyesuaikan diri untuk menopang beban tambahan tersebut. Nyeri ini muncul sebagai akibat dari proses tubuh yang beradaptasi kembali ke kondisi tanpa keberadaan bayi di dalam tubuh Ibu.

📝Riwayat cedera

Jika Ibu sebelumnya telah mengalami cedera pada tulang ekor dan sendi, hal tersebut juga dapat meningkatkan peluang🎲 mengalami nyeri sendi yang sangat hebat pasca melahirkan. 

👟Kurangnya olahraga

Ketika ibu tidak cukup sering melakukan aktivitas fisik atau olahraga🧘🏻‍♀️ selama masa kehamilan, kemungkinan ibu menghadapi nyeri sendi setelah proses melahirkan menjadi lebih tinggi.


Bagaimana cara mengatasi rasa nyeri sendi pasca melahirkan? 

🚶🏻‍♀️Rutin berolahraga

Ibu bisa menjaga keaktifan tubuh dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, meskipun tidak harus berintensitas tinggi. Kegiatan seperti jogging santai, bersih-bersih rumah🧹, atau berjalan kaki di sekitar rumah bisa menjadi pilihan

💆🏻‍♀️Pijat

Cara lain mengatasinya adalah melakukan pijat tubuh, Ibu dapat melakukannya secara mandiri atau dengan bantuan dari seorang profesional atau ahli.

📍Akupuntur

Beberapa ibu melaporkan penurunan nyeri⚡ sendi setelah menjalani akupunktur. Jadi, jika ibu tertarik, ini bisa menjadi alternatif yang dapat dipertimbangkan.

♨️Kompres

Untuk meredakan rasa nyeri, ibu dapat mencoba metode kompres, baik dengan menggunakan suhu hangat atau dingin❄️.