post-title

Tahapan Daya Ingat Bayi!

Daya ingat memiliki peran yang krusial dalam proses pembelajaran anak-anak. Sejak saat masih dalam kandungan, mereka sudah memiliki kemampuan untuk mengingat🧠, dan kemampuan ini terus berkembang begitu mereka lahir. Bagaimana sebenarnya bayi mengingat? Apa saja yang dapat mereka ingat? 


Tahapan daya ingat bayi usia kurang dari 6 bulan

📌Umur 0-3 bulan

Bayi cenderung mengenali dan mengingat suara🔉 yang sering didengarnya dalam kandungan, seperti suara orang tua, dibandingkan dengan suara lain yang baru didengarnya setelah lahir. Hingga usianya beranjak satu bulan, bayi mampu mengingat sesuatu hingga dua hari.

📅Umur 3-6 bulan

Pada umur ini, bayi mulai mampu mengingat perlengkapan mandinya. Bayi sering kali menunjukkan kegirangan saat melihat handuk yang menandakan bahwa mereka mengingat bahwa handuk digunakan untuk membungkus tubuh mereka setelah mandi, kemudian saat bayi berusia lima bulan, ia memiliki kemampuan untuk mengingat wajah-wajah dari foto📷 yang dilihatnya hingga dua minggu kemudian. Mereka masih dapat mengenali wajah-wajah tersebut saat foto ditunjukkan kembali.


Daya ingat bayi ketika berumur 6 bulan keatas

📎Umur 6-9 bulan

Bayi memiliki kecenderungan untuk menatap tempat di mana mainannya jatuh sebagai upaya untuk mengingat posisinya. Mereka juga mampu mengingat urutan aktivitas harian mereka dan menunjukkan kegelisahan💭 jika ada kegiatan yang terlewat atau tertunda. Selain itu, bayi juga dapat menunjukkan ketidaksukaannya terhadap mainan dengan reaksi suara tertentu yang mencerminkan kecemasan jika diperlihatkan mainan yang sebelumnya pernah menakutkan mereka.

⏳Umur 9-12 bulan

Bayi cenderung mengingat dan mencari benda yang miliknya yang disembunyikan, setelah menyaksikan di mana Anda menaruhnya. Mereka juga mempertahankan ingatan tentang nama berbagai benda yang sering disebutkan, termasuk piring, sepatu, dan baju👚. Selain itu, bayi juga dapat mengenali orang-orang yang pernah mereka temui di masa lalu sehingga tidak lagi merasa takut saat bertemu kembali dengan mereka.

🕙Umur 12-18 bulan

Bayi sudah dapat menanggapi perintah sederhana dan melaksanakannya, seperti saat Anda berkata, "Taruh mainanmu kembali ke karanjang," atau "Dimana cangkirnya? Bunda minta." Bayi juga dapat mengingat bait akhir dari sebuah lagu🎶 yang baru saja ibu nyanyikan dan dia dapat mengucapkan bait terakhir tersebut.