post-title

Ingin Kembali Bekerja setelah Melahirkan?

Keputusan untuk kembali bekerja setelah melahirkan merupakan keputusan yang memerlukan pertimbangan matang, terutama dalam memastikan bahwa bayi dapat tetap terawat dengan baik. Hal apa saja yang perlu disiapkan ibu sebelum kembali bekerja💻? Bagaimana cara untuk kembali semangat bekerja setelah melahirkan? 


Apa yang perlu dipersiapkan ketika cuti melahirkan habis?

👨‍🍼Siapkan pengasuh anak

Ibu perlu menyiapkan pengasuh anak untuk memastikan keamanan dan kesehatan bayi sebelum kembali dengan kesibukan bekerja👩‍💻. Ada dua pilihan yang dapat diambil, yaitu meminta pertolongan dari anggota keluarga atau menyewa jasa pengasuh. 

💗Siapkan mental

Ibu harus mempersiapkan mentalnya terlebih dahulu untuk kembali bekerja karena mengurus bayi sendiri saja sudah dapat membuat mental ibu menjadi lelah, apalagi bila ditambah dengan beban kerjaan📝. Oleh karena itu, ibu disarankan untuk menyiapkan mentalnya dengan matang.

📌Peralatan laktasi

Sebagai seorang ibu, mempersiapkan alat pompa ASI adalah langkah penting untuk memastikan bahwa ketika ibu kembali bekerja, bayi dapat tetap mendapatkan nutrisi yang penting dari ASI🍼. Dengan menggunakan alat pompa ASI dengan baik, ibu dapat menghasilkan stok ASI yang cukup untuk bayi selama sedang bekerja.

💭Memberi tahu atasan

Ibu disarankan untuk memberitahu atasan mengenai jadwal anda akan kembali bekerja ke kantor🖥️. Dengan pemberitahuan ini, atasan dapat mempersiapkan segala hal yang diperlukan, termasuk menyiapkan fasilitas ruang laktasi di kantor.

🪴Beradaptasi kembali dengan pekerjaan

Merupakan hal yang wajar jika seorang ibu merasa lupa dengan pekerjaannya setelah absen dari rutinitas kerja untuk waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk melakukan proses adaptasi ketika kembali ke pekerjaan sebelum masa cuti berakhir. Cara adaptasi ini dapat bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan yang dijalani. Contohnya, bisa dengan bertemu dengan rekan kerja👩‍💼 dan berbincang santai tentang pekerjaan serta kondisi terbaru di kantor


Tips untuk kembali semangat bekerja pasca melahirkan

✋Jangan terburu-buru

Pada saat awal kembali bekerja pasca melahirkan, ibu disarankan untuk memulai pekerjaan dengan perlahan dan tidak terburu-buru🐢. Ambil pekerjaan sedikit demi sedikit agar pekerjaan tidak menumpuk diawal. 

👩‍❤️‍👨Berbicara dengan pasangan

Ibu disarankan untuk membicarakan persiapan apa saja dan bantuan apa saja yang dibutuhkan kepada pasangan supaya pasangan juga tahu dan dapat mendukung🤝 ibu untuk merawat si kecil. 

🙅‍♀️Jangan merasa bersalah

Tidak masalah jika seorang ibu perlu meninggalkan anaknya dengan seorang pengasuh karena kewajiban kerja. Hindari merasa bersalah karena perasaan seperti itu dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mental dan produktivitas di tempat kerja🏢. Akhirnya, hal ini dapat mengganggu keseimbangan antara pekerjaan dan kesehatan ibu sendiri.