post-title

Aktivitas Bayi 9 Bulan

Memasuki umur 9 bulan, bayi memasuki fase perkembangan yang lebih cepat. Sebagai orang tua, terdapat banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendukung perkembangan anak agar lebih optimal💯 dengan melakukan berbagai macam stimulasi. Ketika bayi berusia 9 bulan, apa saja yang sudah dapat ia lakukan?


Hal apa saja yang bayi 9 bulan sudah dapat lakukan?

🚼Merangkak, duduk, dan berdiri

Bayi kini menjadi lebih terampil dalam merangkak. Mereka juga sedang berkembang dalam hal mengangkat tubuhnya sendiri dari posisi duduk🪑 dengan bantuan pegangan, kemudian belajar berdiri, dan mulai berjalan.

👄Mengucapkan dan memahami kata-kata

Bayi kini dapat mengerti kata-kata sederhana seperti "tidak" dan "jangan". Mereka juga sudah mulai mengucapkan suku kata seperti 'mamama', 'babababa', atau 'dadada'.

✊Menggenggam benda

Bayi yang sedang merangkak sudah bisa menggapai dan mengambil objek di sekitarnya menggunakan satu tangan. Selain itu, mereka juga telah belajar cara menjepit objek menggunakan jempol dan telunjuk☝️ mereka.


Apa saja aktivitas stimulasi yang bisa diterapkan untuk bayi 9 bulan?

📖Membaca buku

Orang tua dapat menyiapkan buku cerita bergambar dengan ilustrasi yang menarik untuk bayi. Bayi dapat menjelajahi halaman buku sambil orang tua👩‍👧 membacakan ceritanya. Aktivitas ini dapat meningkatkan kegemaran anak untuk membaca serta memperkuat hubungan orang tua dengan anak. 

🛋️Menyiapkan ruangan untuk si kecil

Saat bayi mencapai usia 9 bulan, mereka cenderung lebih tertarik untuk menjelajahi👀 dan mengetahui lebih banyak tentang lingkungan di sekitar mereka. Oleh karena itu, dianjurkan bagi orang tua untuk menyediakan sebuah ruangan yang aman untuk si kecil bermain dan menciptakan suasana yang nyaman untuk mereka.

📌Stimulasi sensorik

Untuk merangsang sensorik anak, orang tua bisa menyediakan berbagai benda dengan tekstur yang berbeda-beda. Hal ini dapat membantu anak belajar membedakan tekstur mana yang lembut🪶, keras, atau kenyal.

💬Memberi respons terhadap ocehan bayi

Ketika orang tua aktif merespons ocehan bayi, ini tidak hanya membuat bayi merasa didengar👂 dan disayangi, tetapi juga dapat memotivasi mereka untuk terus berbicara. Hal ini sangat baik untuk perkembangan bahasa mereka dan membantu mereka dalam mempelajari kosakata baru.

⚽Mengajak bermain bola

Untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar bayi berusia 9 bulan, ibu dapat memulai dengan bermain bola besar bersama si Kecil, menggelindingkan bola ke arahnya, dan memintanya untuk mengembalikannya. Seiring waktu, ibu bisa menggunakan bola berukuran berbeda, namun hindari bola🎾 yang terlalu kecil karena dapat berisiko tertelan atau menyebabkannya tersedak. Selain itu juga jangan menggunakan balon sebagai pengganti bola.